生活是艺术 Seni Perjalanan Hidup Paulus Widjaja (Oey Kui Tjiu)

oleh -482 views
Paulus Widjaja (kiri), Yoel Widjaja (kanan) dan Jeremy Huang (bawah)

SEBUAH pepatah Tiongkok menyatakan, 生活是一段必经的旅程,必须穿越高山,深谷,黑暗的小巷,绿色的牧场,平静的河流,汹涌的大海 Shēnghuó shì yīduàn bì jīng de lǚchéng, bìxū chuānyuè gāoshān, shēngǔ, hēi’àn de xiǎo xiàng, lǜsè de mùchǎng, píngjìng de héliú, xiōngyǒng de dàhǎi.

Artinya kehidupan adalah sebuah perjalanan harus lewati, gunung, lembah yang dalam, lewati lorong yang gelap, padang rumput yang hijau, aliran sungai yang tenang, laut yang bergelombang.

Paulus Widjaja (Oey Kui Tjiu) atau lebih dikenal dengan nama Paul atau Pol, anak pertama pasangan Oey Beng Hwat dan Kwee San Nio, lahir 16 Oktober 1956.

Sejak remaja, Paulus senang dengan dunia teater. Pada tahun 1975, rumah ibunda Paulus Widjaja di Kebon Blimbing, menjadi tempat latihan Sanggar Remaja Cirebon yang ketika itu dilatih Andi Subekti.

Sanggar remaja Cirebon

Di Kebon Blimbing juga ada Khoo Tjin Hwat, pembuat kue bapel, gendar dan dodol sirsak sejak tahun 1947. Rumah orang tua Mus Mualim juga di Kebon Blimbing, Mus Mualim suami Titik Puspa.

Paulus Widjaja bersama adiknya, Yoel Widjaja tergabung dalam Sanggar Remaja Cirebon, rumah mereka di Kebon Blimbing jadi tempat latihan teater dari tahun 1975-1977. Mereka juga ikut pentas teater bersama Sanggar Remaja Cirebon.

Yoel Widjaja lahir 29 November 1961. Ia bersama Solihin membuat vocal grup tahun 1977 dan aktif mengisi acara di gereja-gereja. Tahun 1978, Paulus Widjaja dan Yoel Widjaja bersama Yayang, Ing gok, Sin Lay, Un How, dan kawan-kawan Yoel Widjaja lainnya, mengadakan pentas drama di Gedung Sumber Hidangan Jalan Pagongan Cirebon.

Dulu tahun 1970-1990 di Jalan Pagongan ada Gedung Pertemuan Sumber Hidangan yang juga disewakan untuk acara pernikahan, tempat pertunjukan teater sekaligus tempat latihan bulutangkis.

Bertemu jodoh

Kemudian pada tahun 1979, Paulus Widjaja diterima bekerja di Bank EXIM Cirebon. Ia juga dikenal aktif melatih drama di Gereja Filadelfia. Ketika itu, Paulus Wijaya mendapatkan jodohnya. Ia bertemu Sylvia Rikin, dan pada 7 Maret 1982 Paulus Widjaja menikah dengan gadis pujaannya.

Dari pernikahan mereka, lahirlah tiga buah hati. Anak pertama bernama Melisa Widjaja, kedua Stevie Paul Widjaja dan bungsu, Siera Paula Rikin.

Sejak tahun 1979-2000, Paulus Widjaja tiap minggu menjadi MC di setiap pesta pernikahan. Selain sebagai MC, ia juga menjadi fotografer di berbagai moment, baik pernikahan maupun ulang tahun. Pada tahun 1999, Paulus Widjaja pensiun dari Bank EXIM dan ia fokus sebagai MC dan Fotografer.

Lalu pada 30 Oktober 2005, Paulus Wijaya harus merelakan kepergian Sylvia Rikin dari sisinya. Sang istri tercinta meninggal dunia dan tahun 2009, Paulus Widjaja memutuskan pindah ke Bandung dan ia menghembuskan nafas terakhir pada 9 Januari 2018. Pemakaman dipimpin Pendeta Paul Daniel Massie dari Gereja Filadelfia Cirebon. 生活是艺术 Shēnghuó shì yìshù, hidup adalah seni. (*)

Oleh: Jeremy Huang

Hayyyy  hallo..... Mas, Mba... Sis  Bro... dah pada daftar menjadi mahasiswa baru UGJ belum.....ituloh Universitas Swadaya Gunung Jati.... Dulu kalian mengenalnya dengan Unswagati

Diatas ada panduan cara mendaftar online via fasilitas BJB ya....? dan juga panduan untuk melakukan heregistrasi/registrasi bagi yang sudah dinyatakan Lulus....

Semoga kalian bisa lulus dengan jurusan/program studi yang dicita-citakan

Kuliah....kuyyy ke UGJ