11 SKPD Pemkab Cirebon Belum Setorkan Zakat Profesi

oleh -48 views

CIREBON, (SGOnline).-

Sebanyak 11 satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Cirebon diketahui hingga saat ini belum menyetorkan zakatnya. Belum diketahui secara pasti penyebab belum diserahkannya zakat profesi tersebut.

Di hadapan Bupati Imron Rosyadi, Bendahara Baznas Mahfud Zaeni Dahlan, pimpinan bank jabar dan kepala SKPD dalam rapat koordinasi di ruang paseban Setda Kabupaten Cirebon, Rabu (30/10/2019), Sekda Rahmat Sutrisno berjanji akan kembali mengingatkan pimpinan SKPD yang belum menyetorkan zakatnya.

“Kami akan mencoba mengingatkan kembali kepada seluruh SKPD agar segera menunaikan kewajibannya. Menyetorkan zakat juga sebagai bentuk ketaatan dan kesadaran dari amaliyah kita. Untuk itu, mari kita saling mengingatkan dalam menunaikan zakat,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati H Imron Rosyadi menjelaskan mengenai kewajiban manusia dalam berzakat. Fungsi zakat ada dua, yang pertama menjalankan perintah Allah SWT dan yang kedua untuk hubungan sesama manusia. “Rapat koordinasi ini guna membahas pengumpulan zakat supaya lebih optimal lagi. Jadi jangan melihat nilai atau nominalnya dalam berzakat akan tetapi barokahnya yang harus kita ambil,” ucapnya.

Imron berpesan, jangan sampai ada keberatan dalam berzakat. Sebab mengeluarkan zakat harus ikhlas karena Allah SWT. Muslim yang baik dan taat harus mematuhi aturan yang sudah ditentukan, termasuk dalam hal mengeluarkan zakat, infak maupun shodaqoh.

“Mari tingkatkan lagi upaya kita di lingkungan pemerintah supaya bisa menjalankan kewajiban seorang muslim, untuk membantu saudara-saudara kita yang membutuhkannya,” tandasnya. (Mad/SGO)