Media Partner

2.300 Nakes Jadi Prioritas Vaksinasi Massal

oleh -9 views
Sekda Kota Cirebon, H Agus Mulyadi

CIREBON, (SGOnline).-

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon, H Agus Mulyadi, menjelaskan vaksin covid-19 untuk Kota Cirebon akan datang. “Kami sudah siapkan tempatnya,” ungkapnya, di Balaikota Cirebon, Selasa (26/1/2021).

Untuk yang pertama divaksin, selain tenaga kesehatan juga akan dipilih dari Forkopimda, tokoh agama, maupun tokoh masyarakat yang ditentukan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cirebon.

Kepala Dinkes Kota Cirebon, Edy Sugiarto, menyampaikan, vaksin covid-19 yang dikirim sebanyak 4.600 untuk 2.300 orang dengan prioritas tenaga kesehatan (nakes) karena mereka adalah garda terdepan penanganan pandemi covid-19.

Namun sebelum vaksinasi covid-19, Edy tetap meminta kepada masyarakat untuk menjalankan protokol kesehatan (prokes) dengan disiplin, yakni menjaga jarak, mencuci tangan, menggunakan masker dan menghindari kerumunan merupakan hal yang wajib dilakukan selama pandemi covid-19.

Menyinggung waktu proses vaksinasi covid-19, Edy mengungkapkan, masih dikoordinasikan, dan jika sudah ditetapkan, maka pada H-1 atau sehari sebelum pelaksanaan, vaksin-vaksin tersebut akan dikirimkan ke tempat pelaksanaan vaksinasi covid-19.

Sedangkan Kepala UPT Farmasi, Eva Susanti, menjelaskan, pihaknya siap menerima vaksin. “Di gudang logistik vaksin sudah disiapkan 5 freezer atau cold chain, satu cold chain bisa memuat hingga 10 ribu vaksin.

“Namun karena dikemas box, jadi bisa muat 7 ribu vaksin. Cold chain tetap dijaga sesuai ketentuan, sehingga vaksin akan terjaga pada suhu dingin yang ditetapkan. Suhu udara 2 hingga 8 derajat celcius,” paparnya. (Herwin/SGO)