200.000 Bibit Ikan Patin Ditebar di Sungai Cimanuk

oleh -51 views

INDRAMAYU, (SGOnline).-

Dinas Perikanan dan Kelautan (Diskanla) Kabupaten Indramayu bersama puluhan siswa sekolah dasar (SD) kembali menebar bibit ikan patin untuk restocking di perairan umum Indramayu. Jumlah bibit ikan yang ditebar di Sungai Cimanuk berjumlah 200.000 ekor, Jumat (18/10/2019).

Kepala Diskanla Kabupaten Indramayu, Abdur Rosyid Hakim mengatakan, penebaran bibit ikan patin ini sebagai restocking ikan yang ada di perairan Indramayu. Masyarakat bisa menggunakan bibit ikan tersebut untuk kebutuhan konsumsinya, asalkan menggunakannya sesuai dengan kebutuhan dan proporsional.

“Jumlah yang ditebar mencapai 200.000 ekor ikan patin dengan lokasi perairan di Indramayu yakni Sungai Cimanuk, ikan patin ini memiliki daya tahan dan adaptasi terhadap lingkungan. Silakan masyarakat menikmatinya untuk dikonsumsi secara proporsional. Dipancing saja jangan dijaring apalagi diracun, ikan patin ini memiliki kandungan nilai gizi yang tinggi,” katanya.

Sementara itu, Kepala Seksi Pendampingan Nelayan Kecil Diskanla Kabupaten Indramayu, Rachmat Yulianto mengatakan, penebaran ikan Patin itu merupakan bantuan Provinsi Jawa Barat dan sebagai bentuk pemenuhan kebutuhan ikan untuk konsumsi masyarakat yang bisa didapatkan di perairan umum.

“Setiap tahun kita terus tebar ikan di beberapa perairan Indramayu, mudah-mudahan ini bermanfaat apalagi bersamaan dengan momen Hari Jadi ke-492 Kabupaten Indramayu, kita juga libatkan para pelajar sebagai bahan edukasi bagi mereka untuk lebih peduli terhadap ekosistem di sekitarnya,” kata Rachmat. (Ridho/SGO)