350 Makanan Olahan Kolang-kaling di Majalengka Pecahkan Rekor Dunia

oleh -60 views

MAJALENGKA, (SGOnline).-

Festival Olahan Pangan Kolang-kaling yang digelar Pemkab, Tim Penggerak PKK dan Lembaga Ketahanan Pangan Kabupaten Majalengka di lapangan GGM berhasil memecahkan rekor dunia, kemarin.

Manager Museum Rekor Indonesia (MURI), Triyono mengatakan, Museum Dunia Rekor Indonesia sudah memverifikasi 350 makanan hasil olahan kolang-kaling dan Majalengka layak mendapatkan penghargaan tersebut.”Setelah memverifikasi kami tidak memberikan rekor Indonesia namun piagam penghargaan yang diberikan rekor dunia,” ungkapnya.

Kepala Dinas Pangan Kabupaten Majalengka, H. Wawan Suwandi mengemukakan, kegiatan tersebut dalam upaya meningkatkan kesadaran dan perhatian masyarakat akan pentingnya penanganan masalah pangan di Kabupaten Majalengka, yakni dengan memanfaatkan potensi sumber daya alam yang dimiliki.

Menurut dia, festival ini dapat menggerakan pembangunan pangan yang berkelanjutan dengan memaksimalkan peran semua pihak di antaranya pemerintah, swasta, perguruan tinggi dan masyarakat. Semua ini dalam upaya mewujudkan ketahanan pangan kabupaten Majalengka.

“Ini juga sebagai wahana promosi dan perdagangan produk-produk unggulan pangan olahan, beserta segenap potensi bisnis, peluang investasi terutama bahan baku lokal kolang-kaling yang kini memecahkan rekor MURI dengan 350 jenis olahan pangan berbahan dasar kolang-kaling atau caruluk (bahasa Sunda, red),” ungkapnya.

Bupati Majalengka H. Karna Sobahi menyatakan, momentum Hari Pangan Sedunia bisa dimanfaatkan dengan membuat 350 olahan pangan dari bahan kolang-kaling dan ternyata berhasil memecahkan rekor dunia. “Festival ini saya berharap bisa ditindaklanjuti dengan diversifikasi baik itu olahan pangan maupun kreasi seninya. Mari maknai Hari Pangan ini dengan sesuatu yang bermanfaat,” ungkapnya. (Shiva/SGO)