367 Penyintas Covid-19 Terima Bantuan dari Pemkot Cirebon

oleh -10 views


CIREBON, (SGOnline).-

Pemerintah Kota (Pemkot) Cirebon memberikan bantuan kepada 367 penyintas covid-19 dari keluarga tidak mampu. Selain itu, juga bersiap melakukan vaksinasi covid-19 terhadap masyarakat.

Wakil Walikota Cirebon, Hj. Eti Herawati, menjelaskan, sumber dana bantuan berasal dari APBD Kota Cirebon 2020. “Kami berharap bantuan ini bisa bermanfaat. Terutama untuk warga tidak mampu yang terpapar covid-19 di Kota Cirebon,” katanya.

Bantuan yang diberikan sebesar Rp 1,4 juta untuk satu orang dengan perhitungan satu hari Rp 100 ribu selama 14 hari. Untuk ketentuan vaksinasi, khususnya untuk masyarakat umum, masih menunggu keputusan pemerintah pusat.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cirebon, dr. Edy Sugiarto, menjelaskan, persyaratan untuk mendapatkan bantuan seperti yang dibagikan Pemkot Cirebon, yaitu pernah menjadi pasien covid-19.

“Tapi ada syarat lainnya yang juga harus dipenuhi, misalnya memiliki surat keterangan tidak mampu (SKTM) dari lurah serta melaporkannya ke puskesmas di lingkungan mereka. Bantuan ini sebagai bentuk perhatian dari Pemkot Cirebon,” ungkap Edy.

Edy mengingatkan, karena keterbatasan anggaran, tahun ini Pemkot Cirebon kemungkinan tidak lagi menganggarkan bantuan untuk warga terdampak covid-19. Sebab, akan fokus melakukan vaksinasi covid-19 untuk warga Kota Cirebon.

Sementara itu, Maryam, warga Kelurahan Pekalangan, Kecamatan Pekalipan, mengaku sangat berterima kasih atas bantuan yang diberikan Pemkot Cirebon. “Uang ini sangat membantu kami,” ungkap Maryam.

READ  Ops Yustisi Polsek Lemahwungkuk Sambangi Warga

Terlebih, pasca terpapar covid-19, Maryam yang sehari-hari berjualan makanan di rumah tidak lagi mendapatkan penghasilan. “Berhenti sama sekali, tidak ada lagi yang mau pesan,” ucap Maryam. (Herwin/SGO)