48 Warga Binaan Asal Cipinang dan 108 Petugas Lapas Cirebon Bakal Diswab

oleh -0 views

CIREBON, (SGOnline).-

Sebanyak empat dari 48 warga binaan asal Cipinang Jakarta Timur yang dipindahkan ke Lapas Kelas 1 Kota Cirebon, dinyatakan terkonfirmasi positif virus corona (covid-19).

“Jadi yang dimutasi dari Lapas Cipinang ada 48 warga binaan. Setelah itu kita lakukan rapid test. Hasilnya, rapid test 19 orang dinyatakan reaktif,” kata Ali, Rabu (14/10/2020).Ali mengatakan, setelah dinyatakan 19 warga binaan tersebut reaktif, pihaknya langsung berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kota Cirebon untuk dilakukan swab test.

“Hasilnya 4 orang dinyatakan positif, maka ke-4 orang tersebut langsung diisolasi di rumah sakit lapas. Namun sebagai bentuk antisipasi, seluruh warga binaan yang baru pindah dari Jakarta di karantina di rumah sakit lapas. Alhamdulillah rumah sakit lapas ini dari segi keamanannya lebih ketat,” tandasnya.

Dijelaskan dia, 4 warga binaan yang terkonfirmasi positif tersebut sudah di swab ulang dan hasilnya negatif. Namun untuk memastikan hasilnya, lapas menunggu tes swab yang akan dilakukan provinsi. “Rencana besok dilakukan swabnya,” ucap Ali.

Sementara itu, Kepala Bidang Kesehatan Lapas Kelas 1 Kota Cirebon, Restu mengemukakan, lapas sudah melaksanakan tracking kontak erat dengan keempat orang yang sebelumnya positif.

“Kita sudah lakukan tracking. Besok akan diswab semua, yaitu 48 orang warga binaan asal Cipinang tersebut dan 108 petugas di lapas kelas 1 Kota Cirebon,” imbuhnya. (Herwin/SGO)