5 Suku Misterius Ini Masih Ada di Indonesia

oleh

1. Suku Mante di Aceh
Arkeolog Universitas Syah Kuala, DR Husaini Ibrahim, M.A menceritakan asal muasal Suku Mante di Aceh. Berdasarkan literasi sejarah, Suku Mante termasuk suku bangsa melayu kuno yang diperkirakan datang ke Aceh sejak 3 ribu tahun sebelum Masehi. Berdasarkan pernyataan Husaini, suku ini berasal dari Campha, Kamboja.
Sejak dulu, diketahui Suku Mante suka menyendiri di hutan. Awalnya, Suku Mante mendiami hutan di kawasan Aceh Besar daerah Jantho. Kemudian menyebar ke sejumlah hutan di Aceh seperti Tangse, Geumpang, Pidie dan Aceh Tengah. Setelah masuknya Islam pada abad ke-3, sebagian Suku Mante ada yang memeluk agama Islam. Sebagiannya lagi menolak, memilih melarikan diri dan mengasingkan diri ke dalam hutan.

ciri-ciri suku Mante?
Mereka berkulit cokelat dan memiliki tubuh yang pendek, tingginya kurang lebih hanya 1 meter.
Rambut mereka lurus, bahkan ada yang panjang hingga ke punggung.
Suku mante sangat gesit dan lincah berlari.
Suku Mante berkomunikasi menggunakan bahasa tersendiri. Mereka diduga tidak bisa berbahasa Aceh, meskipun awalnya mereka berasal dari hutan Jantho, Kabupaten Aceh Besar.

Tempat Tinggal Suku Mante
Masyarakat Suku Mante dipercayai masih bertahan hidup di kawasan hutan. Akan tetapi jumlahnya tinggal sedikit.
Suku ini suka hidup berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lainnya. Mereka biasanya tinggal di gua-gua dan memakan apa saja yang disediakan oleh alam.
Gua tempat tinggal suku Mante adalah Gua Beye, Jambur Atang, Jambur Ketibung, Jambur Ratu dan Jambur Simpang.