Acungkan Pistol ke Polisi, Pelaku Curanmor Ditembak

oleh

CIREBON, (SGOnline).-

Dua pelaku curanmor yang salah satunya menjadi DPO, berhasil diringkus timsus Polres Cirebon Kota (Ciko) saat tengah melakukan aksinya. Bahkan terhadap pelaku, polisi menghadiahi timah panas dan mengenai bagian perut, karena mengacungkan pistol ke arah petugas.

Kasat Reskrim Polres Ciko, AKP Deny Sunjaya, menjelaskan, kronologis penangkapan tersangka, bermula pada Jumat (5/6/2020) sekitar pukul 17.00 WIB. Ketika itu, anggota timsus Polres Ciko sedang melaksanakan hunting di Blok Dusun 4 Desa Grogol, Kecamatan Kapetakan, Kabupaten Cirebon.

Petugas kemudian mencurigai dua orang laki-laki yang menggunakan sepeda motor berboncengan tanpa plat nomor. Sesuai insting, polisi lalu membuntuti keduanya. Saat berada di depan toko milik Hj. Khodijah, mereka berhenti, salah seorang dari mereka, R alias B warga Indramayu, turun dari motor dan langsung menghampiri motor target, merk Honda Beat Nopol E-2957-CW yang terparkir.

“Sedangkan rekannya, A bin AB yang juga warga Indramayu, menunggu dengan mesin motor menyala. Saat itu anggota timsus melihat pelaku sedang merusak kunci kontak motor korban dengan menggunakan kunci letter T. Petugas berusaha menghampiri untuk menghentikan aksi pelaku, namun ketika jarak sekitar 2 meter, pelaku mengacungkan pistol dengan mengatakan, tembak, tembak,” jelas Kasat Reskrim, Sabtu (6/6/2020).

 

Karena membahayakan keselamatan, lanjut dia, petugas refleks mengambil senpi dari pinggang dan menembakkannya ke arah pelaku mengenai perut sebelah kiri. Pelaku langsung dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan medis.

Kesungguhan petugas

Sementara itu, Kapolres Ciko, AKBP Syamsul Huda, melalui Kasubag Humas, Iptu Ngatidja, membenarkan adanya penangkapan tersebut. Menurutnya, penangkapan dua pelaku curanmor R2 merupakan asil kerja keras anggota Timsus Satreskrim Polres Cirebon Kota yang rajin serta disiplin tanpa mengenal lelah melaksanakan patroli kring serse yang dianggap rawan C3 (curas, curat dan curanmor).

“Alhamdulillah membuahkan hasil lagi. Saya mengucapkan terima kasih atas keberhasilan ini, serta selamat untuk Kasat Reskrim selaku pembina fungsi reskrim. Hal ini merupakan keberhasilan Polres Cirebon Kota dalam kesungguhan serta keseriusan terhadap tindak pidana yang meresahkan masyarakat, di tengah wabah virus corona,” paparnya.

Dari tangan pelaku, polisi mengamankan barang bukti berupa sepeda motor Honda Beat nopol E-2957-CW (milik korban), sepeda motor Honda Beat Street warna putih tanpa nopol (milik pelaku), pistol warna hitam, kunci palsu (leter T) dan besi magnet. Akibat perbuatannya, pelaku dikenai pasal 363 KUHPidana dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara. (Humas Polres Ciko/Andi/SGO)