APPKB Berhasil Kumpulkan Rp 75 Juta dan Sembako

oleh -3 views

PALANGKA RAYA, (SGOnline).–

Kondisi di beberapa kabupaten yang terdampak banjir di Kalimantan Tengah (Kalteng) menggugah hati banyak pihak. Hal itu terlihat dari sejumlah ormas, mahasiswa dan pemuda di Kota Palangka Raya turun tangan menggalang donasi.

Seperti diketahui, kabupaten terdampak bencana banjir di Kalteng, meliputi Lamandau, Seruyan, Kotawaringin Timur (Kotim), Katingan, dan beberapa tempat di Gunung Mas (Gumas).

Semenjak tanggal 16–18 September lalu, beberapa komunitas mahasiswa dan pemuda yang tergabung dalam Aliansi Pemuda Peduli Korban Banjir (APPKB) yang berasal dari beberapa organisasi, turun ke jalan untuk menggalang dana.

Menurut Koordinator Kegiatan, Muhamad Kadafi, aksi tersebut merupakan wujud kepedulian bersama terhadap korban banjir di Kalteng. “Tujuannya, untuk membantu keluarga kita yang ada di beberapa kabupaten di Kalteng akibat terendam banjir. Adapun total donasi yang terkumpul Rp 75.782.800,” kata Kadafi, mahasiswa Universitas Palangka Raya, Jumat (18/9/2020) malam.

Sangat antusias

Ia mengapresiasi, antusiasme seluruh anggota aliansi yang dinilai sangat antusias dalam kegiatan tersebut. Demikian juga warga yang ikut berempati cukup tinggi. Hal itu terbukti dengan adanya masyarakat yang langsung mengantarkan bantuan saat anggota aliansi berada di lampu merah.

Kadafi menjelaskan, hari pertama aksi difokuskan di tiga titik, yakni di daerah Bundaran Kecil, FNA dan sekitaran Jalan A.Yani. “Di hari kedua dan hasil pertimbangan bersama, kami sepakat untuk menambah titik lagi, sekitar 11 titik lampu merah,” ujarnya.

Diakui dia, sebelum penggalangan dana digelar, aliansi berkoordinasi dengan Dinas Sosial Kota Palangka Raya. Adapun penyaluran akan diserahkan ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Kalteng. (SGO)

Sumber: Kaltengtoday