ASN Harus Kuasai Empat Kompetensi

oleh -67 views

INDRAMAYU, (SGOnline).-

Seluruh aparatur sipil negara (ASN) harus memiliki pandangan yang sama terhadap landasan negara RI yakni Pancasila, UUD 45, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.

Untuk mengawal tercapainya cita-cita negara, maka seorang ASN harus memiliki kompetensi atau pengetahuan, keterampilan dan sikap/perilaku seorang ASN yang dapat diamati, diukur dan dikembangkan dalam melaksanakan tugasnya.

“Kemampuan yang dimiliki seorang ASN untuk dijadikan alat pekerja, berdasarkan resepsi UU No 5 tahun 2014 tentang Aparatur Negara dan dijabarkan di PP No 11 tahun 2017 tentang Manajemen PNS terdapat 3 kompetensi dasar yang harus dimiliki seorang ASN,” kata Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Indramayu, H. Wahidin.

Dikatakan dia, ketiga kompetensi, yakni kompetensi manajerial adalah kemampuan seseorang bagaimana mengatur bahkan menjadi leader terutama faktor SDM. Seorang ASN harus mampu bergerak untuk mencapai tujuan organisasi-organisasi pemerintahan dan untuk mengembangkannya salah satunya melalui kegiatan diklat kepemimpinan agar menjadi seorang pemimpin dan mampu menjadi manajer dalam pengelolaan pemerintahan minimal di institusinya masing-masing.

Disusul kompetensi bidang teknis dimana seorang ASN harus menguasai permasalahan teknis, minimal yang ada di institusinya masing-masing, dalam mengembangankan kompetensi bidang teknis ini salah satunya melalui kegiatan diklat teknis.

Kemudian kompetensi sosial kultural dalam menjalani hidup ini seorang ASN membutuhkan orang lain dan untuk mengelola pemerintahan pasti berhadapan dengan masyarakat, dimana seorang pemimpin harus piawai dan mampu hidup di tengah masyarakat dengan berbagai kultur yang dituntut menjadi makhluk sosial yang saling membutuhkan serta mengerti kebutuhan masyarakat.

Kendati demikian, sambung dia, berdasarkan UU tentang Pemerintahan dan dijabarkan dalam Permendagri terdapat penambahan yakni kompetensi pemerintahan yang dinilai sangat penting karena kehadiran ASN dari berbagai disiplin ilmu dengan berbagai profesi dituntut harus menguasai kompetensi pemerintahan.

Secara makro seluruh ASN harus mengerti tentang pemerintahan, apa itu pemerintahan dan bagaimana mengelola pemerintahan baik di pusat maupun di daerah. “Dalam upaya meningkatkan kinerjanya, seluruh ASN harus menguasai empat kompetensi tersebut,” terangnya.

Secara umum seluruh ASN di Pemkab Indramayu tercatat 11.008 orang dari berbagai profesi yang ada dilingkup pemda, kecamatan maupun desa telah memiliki kompetensi hanya perlu untuk ditingkatkan, apalagi dalam menghadapi persaingan global dan era digital apabila seorang ASN tidak dapat menguasai digital maka akan tertinggal.

Melalui berbagai cara seperti pendidikan, pelatihan, workshop, seminar maupun lainnya dimaksudkan agar para ASN memiliki kemampuan untuk mengelola pemerintahan sesuai tugas pokok di institusinya masing-masing. “Apabila kompetensi seluruh ASN meningkat maka akan berdampak kepada kinerjanya, imbasnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kuncinya, apabila kesejahteraan masyarakat ingin meningkat maka kompetensi ASN harus juga ditingkatkan,” ungkapnya. (Ridho/SGO)