Babinsa dan Bhabinkamtibmas Amankan Pemakaman Jenazah Covid-19

oleh -82 views

CIREBON, (SGOnline).-

Penyebaran Covid-19 di masa new normal masih terjadi di Kota Cirebon. Hal ini dibuktikan masih adanya warga yang dinyatakan positif dan menjalani perawatan di RSU Gunung Jati.

Salah satunya, warga Kelurahan Larangan, Kecamatan Harjamukti. Warga berinisial R ini sempat dirawat di ruang isolasi Rumah Sakit Gunung Jati dan meninggal dunia pada Sabtu (15/8/2020).

Pemakaman dilakukan sesuai protokol kesehatan di TPU Sasono Mulyo, Kelurahan Kalijaga, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon. Dalam prosesi pemakaman tersebut, Serda Nur Supriyanto (Babinsa Kelurahan Kalijaga) bersama Bhabinkamtibmas melaksanakan pengamanan. Upaya itu, untuk mencegah berbagai hal yang mungkin mengganggu kegiatan tersebut, Minggu (16/8/2020).

Dandim 0614/Kota Cirebon, melalui Danramil 1402/Cirebon Selatan, Kapten Arm Toto, menyampaikan, kehadiran Babinsa di wilayah binaan untuk melakukan pengamanan maupun monitor suatu kegiatan. Hal itu merupakan tugas pokok yang harus dilaksanakan.

“Terlebih dalam penanganan Covid-19 yang menjadi penekanan pimpinan atas, sehingga Babinsa dituntut pro aktif, bekerja sama dengan Bhabinkamtibmas serta Satgas Penanganan Covid-19 lainnya, dalam monitoring dan pengamanan kegiatan,” jelasnya.

Pengamanan

Lebih lanjut Danramil menyampaikan, kehadiran Babinsa dalam pemakaman jenazah positif Covid-19, bertujuan mencegah masyarakat yang berniat menyaksikan dari jarak dekat, serta mengantisipasi adanya berbagai hal, seperti penolakan warga di sekitar tempat pemakaman.

“Sampai saat ini di wilayah Koramil 1402/Cirebon Selatan, khususnya di Kelurahan Kalijaga sudah 7 jenazah, baik positif Covid-19 maupun PDP yang dimakamkan di pemakaman Sasono Mulyo dan belum ada penolakan warga. Hal itu dikarenakan Babinsa bersama Bhabinkamtibmas serta aparat kelurahan selalu memberikan pengertian kepada masyarakat,” jelas Danramil. (Rilis/Andi/SGO)