Babinsa Kawal Petugas Sensus Data Penduduk Kelurahan Kebon Baru

oleh

CIREBON, (SGOnline).-

Sensus penduduk tahun 2020 secara nasional dan serentak di Indonesia mulai digelar 1 September 2020. Tujuannya, untuk penyediaan data terkait jumlah, komposisi, distribusi, dan karakteristik penduduk Indonesia menuju satu data kependudukan Indonesia.

Sebagai aparat kewilayahan, Babinsa wajib menyukseskan sekaligus mengamankan pelaksanaan kegiatan, sehingga dapat berjalan dengan lancar. Babinsa juga harus membantu petugas sensus memberikan pengertian kepada masyarakat di wilayah binaan, apabila ada keraguan maupun ketidaktahuanm juga mengantisipasi penolakan warga atas kedatangan petugas sensus.

Seperti dilakukan Babinsa Kelurahan Kebon Baru, Koramil 1404/Kejaksan Kota Cirebon, Serda Yosep Sujono. Ia melakukan pendampingan petugas sensus di lapangan, Selasa (2/9/2020).

Dandim 0614/Kota Cirebon melalui Danramil 1404/Kejaksan, Kapten Chb Kasiman, menyampaikan, setiap kebijakan pemerintah harus dikawal dan disukseskan, salah satunya Sensus Penduduk 2020. “Babinsa diharapkan dapat bekerja sama dengan petugas sensus di lapangan untuk pengumpulan data kependudukan.

Apabila ada kendala di lapangan, Babinsa diperintahkan berkoordinasi dengan Bhabinkamtibmas serta perangkat kelurahan, baik RT maupun RW dalam membantu petugas pencacah sensus. Utamakan komunikasi secara persuasif kepada warga,” tambah Danramil. (Rilis/Andi/SGO)