Banyak Perusahaan Gandeng BLK Disnaker Cetak Naker Kompeten

oleh -59 views

INDRAMAYU, (SGOnline).-

Balai Latihan Kerja (BLK) Disnaker Kabupaten Indramayu terus memperoleh kepercayaan dari berbagai kalangan industri maupun perusahaan untuk menggelar pelatihan. Tujuannya untuk meningkatkan kualitas keahlian dan kompetensi kejuruan, sehingga mampu mencetak tenaga kerja yang berkompeten sesuai yang dibutuhkan. Kerja sama atau partnership yang saat ini sedang berjalan, salah satunya dengan PT Pertamina (persero) Balongan.

Kepala Disnaker Kabupaten Indramayu, Hj. Sri Wulaningsih melalui Kepala UPTD BLK, Asep Kurniawan mengatakan, beberapa industri maupun perusahaan yang ada di Indramayu mulai membuka diri untuk melakukan partnership dengan BLK Disnaker di bidang pelatihan kemampuan dan keterampilan.

Dikatakan Asep, sebenarnya kerja sama dengan PT Pertamina (Persero) Balongan sudah berjalan sejak tahun 2014 silam, namun setiap tahun BLK menginginkan adanya peningkatan dan evaluasi dari hasil pelatihan yang telah dilakukannya.

“Sebelumnya untuk pelatihan teori dan praktik dilakukan oleh tim Health, Safety and the Environment (HSE) Pertamina. Tetapi tahun 2019 ini, untuk pelatihan teori sepenuhnya dipercaya ke BLK dan untuk pelatihan praktik dari tim HSE Pertamina. Melalui kerja sama ini, kami berharap semoga program-program partnership dapat terus ditingkatkan guna membantu mengurangi angka pengangguran usia produktif di Indramayu,” ujarnya kepada Surya Grage Online, Senin (2/12/2019).

Menurutnya, permasalahan pengangguran bukan tanggung jawab pemerintah semata tetapi sudah merupakan tanggung jawab bersama, pelatihan dan keterampilan yang diberikan BLK Disnaker merupakan salah satu solusi dalam upaya meningkatkan SDM masyarakat yang nantinya direkrut industri maupun perusahaan yang pada akhirnya berimbas terhadap pengurangan angka pengangguran usia produktif.

Dengan kata lain, peran BLK Disnaker mampu membantu mengurangi angka pengangguran. “Alhamdulillah, keberadaan BLK Disnaker terus mendapatkan kepercayaan. Bahkan, wacananya PT Polytama Propindo dalam waktu dekat akan melakukan kerja sama dengan BLK untuk bidang pelatihan calon tenaga kerja kompeten,” terangnya.

Lebih jauh dikatakan dia, antusiasme masyarakat Indramayu terhadap rekrutmen calon tenaga kerja untuk PT Pertamina cukup tinggi. Hal itu dapat dilihat dari membludaknya jumlah pendaftar yang mengikuti seleksi pelatihan di BLK Disnaker.

Sebelum masuk ke jenjang pelatihan, semua peserta harus mengikuti rangkaian tahapan seleksi mulai dari seleksi berkas, tes tulis awal, tes ketahanan fisik, tes kesamaptaan, psikotes hingga medical check up. “Dari awal publikasi hingga memasuki proses tahapan seleksi, seluruh peserta benar-benar mematuhi tata terbit aturan yang telah ditentukan,” tandasnya.

Antusiasme dan tingginya jumlah peminat hingga mencapai 320 pendaftar, sambung dia, menandakan bila jumlah pencari kerja di Indramayu sangat tinggi sementara dalam rekrutmen kali ini PT Pertamina (persero) Balongan hanya membutuhkan sekitar 40 tenaga kerja kompeten.

Melihat hal tersebut, ia berharap ke depan Pemkab Indramayu dapat memenuhi keinginan masyarakat dan kebutuhan industri maupun perusahaan. “Kegiatan partnership ini, merupakan bentuk implementasi program Corporate Social and Responsibility (CSR) PT Pertamina,” pungkasnya. (Rat/SGO)