Media Partner

Baru Terjadi, RPJMD Kota Cirebon Alami Perubahan

oleh -14 views

CIREBON, (SGOnline).–

Pemerintah Kota Cirebon menyampaikan rencana awal perubahan Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2018-2023 kepada DPRD Kota Cirebon, di ruang Griya Sawala gedung DPRD setempat, Jumat (22/1/2021).

Ketua DPRD Kota Cirebon, Affiati S.Pd., mengatakan, Pemkot dan DPRD Kota Cirebon menyetujui nota kesepakatan perubahan awal RPJMD. Penyesuaian ini salah satu yang harus dilakukan pemerintah daerah di Indonesia untuk melaksanakan program-program pemerintahan dalam mengatasi kondisi pandemi Covid-19 dan dampaknya.

“Seluruh daerah di Indonesia juga mengalami perubahan RPJMD. Dengan kondisi seperti ini, jika mengacu pada RPJMD yang ada saat ini, program pemerintah daerah tidak akan tercapai,” ujar Affiati usai rapat.

Sementara itu, Ketua Komisi I DPRD Kota Cirebon, Imam Yahya, mengatakan, rancangan perubahan RPJMD akan dibahas Pansus DPRD. Namun sebelum itu, eksekutif lebih dulu menyampaikan draf awal perubahan RPJMD ke DPRD.

Dijelaskan dia, penyesuaian tersebut diarahkan pada pelaksanaan program-program yang mendukung untuk mengatasi penyebaran Covid-19 dan dampaknya.  “Semua berubah karena alasan bencana non alam, seperti pandemi Covid-19 ini. Adanya perubahan ini otomatis capaian dan target PAD harus dirasionalisasi ulang,” ujarnya.

READ  Bhabinkamtibmas Karyamulya Ikut Hadiri Rapat Warga