Bawaslu Majalengka Didik Puluhan Kader Pengawasan Partisipatif

oleh -72 views

MAJALENGKA, (SGOnline).-

Sebagai upaya meningkatkan pengawasan partisipatif Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Majalengka menggelar Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif, Senin-Kamis (18-22/11/2019) di Hotel Garden Majalengka. Dalam acara tersebut, para peserta diberikan pemahaman tentang regulasi dan pengawasan yang berkaitan dengan kepemiluan.
Kegiatan ini diikuti oleh puluhan peserta dari perwakilan berbagai komponen masyarakat.

Anggota Bawaslu Kabupaten Majalengka Dede Sukmayadi mengatakan, sekolah kader partisipatif ini sesuai dengan yang diamanatkan Undang Undang No. 7 tahun 2017 pasal, 94 poin D, yang menyebutkan peran dan pemberdayaan masyarakat dalam partisipasi pemilu. “Selain meningkatkan partisipasi pengawasan, ini sebagai sarana pendidikan kepemiluan bagi masyarakat, “katanya.

Dia menuturkan, setelah peserta mendapatkan informasi di setiap komunitas masing-masing dan masyarakat pada umumnya, diharapkan tercipta pemilu yang demokratis, berkualitas dan berintegritas.

Hal senada diungkapkan Ketua Bawaslu Kabupaten Majalengka, H Agus Asri Sabana. Ia menuturkan, dalam mencapai kualitas pengawasan dalam pelaksanaan pemilu, tidak hanya diserahkan kepada pihak pengawas semata, tapi perlu ada penyadaran bersama kepada masyarakat. “Kita gelar sekolah ini untuk mempersiapkan kader pengawasan membantu Bawaslu, dalam meningkatkan peran partisipasi pengawasan masyarakat,” ujarnya.

Pengawasan dimaksud, sambung dia, seperti pengawasan adanya money politik, menangkal isu sara, kabar hoaks dan pelanggaran saat pelaksanaan pemilu. “Peserta yang ikut ini dilaksanakan melalui tahapan seleksi administrasi dan wawancara. Akhirnya terpilih 60 orang calon kader pengawasan,” ungkapnya.

Ia berharap kegiatan ini dapat terselenggara dengan baik dan melahirkan kader-kader yang menjadi partner Bawaslu di bidang kepemiluaan. “Semoga kegiatan ini memberikan manfaat dan ilmu pengetahuan bagi kita semua,” harapnya. (Hisyam/SGO)