Bentani, Satu-satunya Hotel Ramah Lingkungan

oleh

CIREBON, (SGOnline).-

Bentani Hotel & Residence, menjadi satu-satunya hotel ramah lingkungan yang mengusung tema Go Green di Kota Cirebon. Manajemen hotel kembali memberikan terobosan baru, yakni membuat cairan pembersih tanpa bahan kimia melainkan berbahan dasar sampah organik, dikenal dengan sebutan Eco Enzyme yang diberi nama Magical PACHIRA.

General Manager Bentani Hotel, Erick Siahaya, mengatakan, pertama kali diperkenalkan Dr. Rosukon Poompanvong sebagai pendiri Asosiasi Pertanian Organik Thailand.

Gagasan awal proyek ini adalah untuk mengolah enzim dari sampah organik yang biasa dibuang ke dalam tong sampah. Oleh Bentani Hotel sampah tersebut diolah sampai menjadi pembersih organik dengan berjuta manfaat.

“Kita tidak mau membuang limbah jahat, melainkan limbah yang memberikan dampak baik untuk karyawan, tamu hotel dan masyarakat sekitar,” katanya, Selasa (2/3/2021).

Banyak manfaat yang terkandung dari cairan eco enzyme ini. Hal tersebut dijelaskan Chef Heru yang juga sebagai peracik Eco Enzyme ini. “Eco Enzyme ini banyak manfaatnya, membersihkan rambut, membersihkan kamar mandi atau kloset, berkumur, cuci tangan, mendetoc tubuh, anti radiasi dan banyak lainnya,” ujar Chef Heru.

Sementara itu, mentor dalam pembuatan Eco Enzyme di Hotel Bentani, Gina Rimba, menjelaskan, proses yang dibutuhkan pembuatan cairan ini selama sembilan puluh hari atau tiga bulan lamanya.

“Sampah organik ini didiamkan selama sembilan puluh hari, bukan hanya soal itu tapi kita mengajak untuk mengolah sampah organik menjadi sesuatu yang bermanfaat,” papar Gina Rimba

Bentani Hotel dan Residence berusaha terus menekan penggunaan sampah, dengan mengolahnya menjadi sesuatu yang berguna, sesuai dengan slogan Mengolah sampah menjadi berkah. (Andi/SGO)