Media Partner

Bhabinkamtibmas Aiptu Yuwono Edukasi Warga Melalui ‘Gunung Jati’

oleh

CIREBON, (SGOnline).-

Di tengah pandemi Covid-19, anggota Polres Cirebon Kota gencar mengunjungi warga dari rumah ke rumah untuk mendengarkan aspirasi, termasuk kondisi kamtibmas terkini.

Seperti yang dilakukan Bhabinkamtibmas Desa Kalitengah, Polsek Kedawung, Polres Cirebon Kota, Aiptu Yuwono, yang melakukan sambang “Gunung Jati” ke warga bernama Ramanto (26 tahun) di Blok Pekauman RT 01 RW 02, Desa Kalitengah, Kecamatan Tengah Tani, Kabupaten Cirebon, Selasa (4/5/2021).

Kedatangan Bhabinkamtibmas ini untuk mendengarkan masukan, kritik, saran, masalah sekaligus harapan mengenai keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di lingkungan sekitarnya. Tidak hanya ‘belanja masalah’, warga pun diajak berperan aktif menjaga lingkungan masing-masing dan terlibat mencari solusi terhadap masalah yang saat ini.

Kapolres Cirebon Kota, AKBP Imron Ermawan, melalui Kapolsek Kedawung, Kompol Abdul Qodirad, mengatakan, sebagai anggota Polri yang ditugaskan mengemban tugas Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat atau Bhabinkamtibmas dituntut harus mengetahui situasi dan kondisi keamanan di lingkungan wilayah binaannya.

“Dari kedekatan dan kebersamaan dengan masyarakat akan tercipta situasi kamtibmas yang diharapkan. Komunikasi menjadi lancar, sikap saling menjaga sehingga akan terwujud Kota Cirebon aman dan masyarakat tenang,” tandas Kapolsek.

Ditambahkan Kasubbag Humas Polres Cirebon Kota, Iptu Ngatidja, walaupun selama kunjungan ke rumah-rumah warga tidak ada masalah yang sangat menonjol, namun petugas harus selalu waspada dan menjaga sinergitas bersama masyarakat. Warga juga diminta tidak segan untuk memberi informasi seputar persoalan di lingkungan sekitarnya. (Humas Polres Ciko/Rd/SGO)