BI Cirebon Ajak Mahasiswa IAI Bunga Bangsa Jadi Duta Digitalisasi

oleh

CIREBON, (SGOnline).-

Dalam rangkaian HUT ke-67 Bank Indonesia dan HUT ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia, Bank Indonesia kembali melaksanakan kegiatan tahunan untuk mendukung kemajuan dunia pendidikan, melalui Program Bank Indonesia (BI) Mengajar.

Kegiatan tersebut rutin dilakukan secara tahunan dan untuk tahun 2020, BI Mengajar yang diprakarsai Kantor Perwakilan Bank Indonesia Cirebon akan digelar di Institut Agama Islam (IAI) Bunga Bangsa Cirebon.

Sedikit berbeda dibanding tahun sebelumnya, mengingat pandemi Covid-19 masih terjadi, maka program BI Mengajar tahun 2020 dilaksanakan melalui 2 sistem, yaitu tatap muka dengan pembatasan protokol kesehatan dan secara virtual melalui aplikasi zoom meeting dan youtube streaming Bank Indonesia Cirebon.

BI Mengajar kali ini dilaksanakan bersama 20 mahasiswa secara tatap muka dan ratusan mahasiswa lainnya, baik dari IAI Bunga Bangsa Cirebon maupun dari perguruan tinggi lain melalui virtual.

BI Mengajar diawali sambutan Rektor IAI Bunga Bangsa, Dr. H Oman Faturrahman, MA, yang mengatakan, IAI Bunga Bangsa sangat bangga dengan pelaksanaan BI Mengajar di kampus mereka.

Rektor berharap, mahasiswa yang mengikuti, baik tatap muka maupun virtual diharapkan mampu menyerap ilmu sebanyak-banyaknya dari paparan Kepala KPw BI Cirebon selaku narasumber.

Ia juga berharap, kegiatan tersebut akan terus ditindaklanjuti dengan kegiatan edukasi lainnya, terkait kebijakan yang dikeluarkan Bank Indonesia.

Mudah dipahami

Kepala KPw BI Cirebon, Bakti Artanta, sebagai narasumber, menekankan, mahasiswa yang mengikuti BI Mengajar kali ini diharapkan mampu menyerap ilmu dari penjelasan, mulai dari kebanksentralan secara umum, tugas dan peran Bank Indonesia, termasuk perkembangan ekonomi dan keuangan digital. Untuk kemudian, dikomunikasikan kembali kepada orang-orang terdekatnya.

Pemberian materi dari narasumber, menjadi sangat menarik saat Bakti Artanta, menjelaskan dengan bahasa yang mudah dipahami dan sesekali diselingi dengan bahasa informal yang mampu memicu gelak tawa peserta, sehingga materi yang diberikan menjadi mudah dipahami.

Meskipun hanya sekitar 20 mahasiswa yang melaksanakan tatap muka, namun suasana bertambah semarak saat Kepala KPw BI Cirebon memberikan pertanyaan dan hadiah menarik yang membuat para peserta antusias.

Sebelum menutup materi yang diberikan, Kepala KPw BI Cirebon, mengingatkan, mahasiswa agar mampu menjadi duta digitalisasi yang sanggup memberikan informasi strategis terkait perkembangan dan implementasi digitalisasi terutama di dalam sistem pembayaran di daerah. (Herwin/SGO)