BI Cirebon Siapkan Uang Rupiah Khusus Rp 75.000

oleh -229 views

CIREBON, (SGOnline).-

Uang rupiah khusus menyambut HUT ke-75 Republik Indonesia ke 75 diluncurkan Gubernur Bank Inonesia. Untuk itu, Kantor Perwakilan BI Cirebon menyiapkan uang rupiah khusus pecahan Rp 75.000 untuk masyarakat umum dengan persyaratan tertentu.

Secara virtual di Kota Cirebon, peluncuran uang pecahan Rp 75.000 edisi khusus ini dilaunching Kepala KPw BI Cirebon, Bakti Artanta bersama jajaran Forkompimda Kota Cirebon di ruang Adipura Balikota Cirebon.

Hal tersebut menjadi momen langka, mengingat Bank Indonesia biasanya mengeluarkan rupiah edisi khusus berbentuk koin. Secara virtual, Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, mengatakan, uang rupiah ini tidak ditujukan untuk peredaran secara bebas dan tersedia di masyarakat.

Oleh karena itu, uang dicetak terbatas. Uang tersebut juga bukan sebagai tambahan likuiditas kebutuhan pembiayaan. Peluncuran uang rupiah khusus ini untuk memeringati peristiwa atau tujuan khusus, yaitu kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia.

“Mata uang ini berbentuk uang kertas pecahan nomimal Rp 75.000 dengan jumlah yang dicetak 75 juta lembar. Ditandatangani Menkeu selaku wakil pemerintah dan Gubernur BI,” kata Sri Mulyani secara virtual peluncuran rupiah edisi khusus HUT ke-75 RI, Senin (17/8/2020).