Biaya Pilbup Indramayu Terancam tak Sesuai Ekspektasi

oleh -49 views

INDRAMAYU, (SGOnline).-

Pemkab Indramayu untuk sementara menganggarkan biaya pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) Indramayu sebesar Rp 65,8 miliar, sedangkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat berharap agar anggaran pilbup 2020 sesuai ekspekstasi, yakni minimal Rp 70 miliar.

Ketua KPU Indramayu, Ahmad Toni Fatoni kepada sejumlah wartawan, Kamis (31/10/2019) mengatakan, mengingat tahapan pilbup masih awal maka belum terlalu banyak kendala. Karenanya, untuk mengantisipasi agar tidak muncul persoalan di kemudian hari KPU terus berkoordinasi dengan semua stakeholder, termasuk peserta pemilu.

Dalam rancangan awal, kata dia, anggaran yang dibutuhkan untuk pilbup Indramayu 2020 sebesar Rp 77 miliar, tetapi karena ada klausul terkait dengan pemilu suara ulang (PSU) ditiadakan maka angka riilnya menjadi Rp 75 miliar.

“Kalau angka itu masih dipaksakan untuk lebih diminimalisir lagi, maka angka aman untuk proses pilbup 2020 minimal Rp 70 miliar, sedangkan Pemkab Indramayu memfasilitasi di angka Rp 65,8 miliar dan tentunya masih kurang,” ungkapnya.

Jika angka itu yang diputuskan, maka akan ada beberapa kemungkinan yang dipangkas, salah satunya mungkin saja fasilitasi calon yang terpangkas. “Mengingat APBD 2020 belum diketok palu, kami masih berupaya mencoba untuk mencari angka aman,” pungkasnya. (Ridho/SGO)