BLK Disnaker Indramayu Cetak Calon Naker Berkompeten

oleh -70 views
INDRAMAYU, (SGOnline).-
Balai latihan kerja (BLK) Disnaker Kabupaten Indramayu terus mendapatkan kepercayaan dari berbagai pihak untuk melakukan pelatihan dalam upaya peningkatan kualitas keahlian dan kompetensi kejuruan. Upaya itu dilakukan untuk mencetak tenaga kerja yang berkompeten sesuai yang dibutuhkan.
Ditemui Surya Grage Online, Rabu (20/11/2019), Kepala UPTD BLK Disnaker Kabupaten Indramayu, Asep Kurniawan mengatakan, konsep pelatihan yang saat ini sedang dikembangkan pemerintah ada tiga kriteria,  yaitu skilling atau program rutin yang diperuntukkan bagi para pencari kerja, reskilling program yang diperuntukkan bagi para pekerja yang terkena dampak pemutusan hubungan kerja (PHK) atau karena faktor usia dan upskilling,  yakni pemberian pembekalan untuk meningkatkan kompetensi.
Artinya, sesuai dengan tupoksi ruang lingkup BLK sebagai tempat pelatihan kerja maka pelatihan bukan hanya untuk para pencari kerja semata tetapi dapat dimanfaatkan bagi seluruh masyarakat yang ingin memiliki keahlian. “BLK Disnaker terbuka lebar bagi masyarakat yang ingin mengikuti pelaihan keahlian secara gratis,” ungkapnya.
BLK Disnaker, sambung dia, akan terus berupaya secara maksimal untuk meningkatkan kualitas masyarakat Indramayu dalam bidang keahlian kejuruan tenaga kerja yang dibutuhkan dunia usaha, kedepan pihaknya akan berinovasi untuk memfasilitasi kebutuhan para pencari kerja maupun para tenaga kerja agar pekerjaannya bisa lebih baik.
BLK merupakan salah satu alternatif atau solusi untuk mengatasi angka pengangguran, karena melalui program peningkatan kompetensi tenaga kerja dan produktivitas akan menambah kepercayaan para peserta didik dalam memperoleh lapangan pekerjaan sesuai dengan kompetensi yang dimilikinya.
Peningkatan kualitas tersebut, dibuktikan dengan terus bertambahnya jumlah kejuruan atau keahlian maupun peralatan yang ada di BLK Disnaker Indramayu. “Mengingat lulusan BLK memiliki sertifikat, alhamdulillah BLK Disnaker Indramayu terus mendapatkan kepercayaan dari berbagai pemerintah pusat, masyarakat, perusahaan dan lembaga pendidikan yang ada di Indramayu,” terangnya. (Rat/SGO)