Bocah Lima Tahun Temukan Granat Nanas di Belakang Rumah

oleh

KUNINGAN, (SGOnline).-

Seorang anak berusia lima tahun, Widia, warga RT 04/02 Dusun Puhun, Desa Sukadana, Kecamatan Ciawigebang, menemukan sebuah granat nanas aktif, saat bermain di halaman belakang rumahnya.

Granat ditemukan dalam lubang pembuangan sampah dalam kondisi kotor tertutup tanah, karena diduga sudah terkubur puluhan tahun, Rabu (10/6/2020) sore.

Kepala Desa Sukadana, Uha Suhanan, didampingi Kasi Pemerintahan Desa, Tarsono, saat dikonfirmasi, Kamis (11/6/2020), membenarkan peristiwa penemuan granat nanas tersebut.

Menurutnya, orang tua anak yang menemukan granat itu, Yayan Ruskandiana (30 tahun), segera mengambilnya setelah mengetahui jika benda yang sedang dimainkan anaknya sebuah granat nanas.

“Orang tuanya langsung melaporkan penemuan granat itu ke aparat desa. Kami meneruskannya pada Babinsa Desa Sukadana agar bisa diamankan, karena granat tersebut katanya masih aktif,” ujar Kades Uha.

Ketika ditanya perkiraan usia granat nanas itu, Kasi Pemerintahan Sukadana, Tarsono, memperkirakan sudah berusia puluhan tahun dan terkubur di lokasi tetsebut. “Ya ini mah kira-kira, sekitar tahun 1965-an lah,” jawabnya.

Saat ini, terang Tarsono, granat diamankan aparat Kepolisian Resor Kuningan dengan memasukkannya ke dalam ember yang sebelumnya diisi pasir. “Saat ditemukan sempat jadi mainan anaknya. Bahkan sempat dimasukkan ke saku pakaiannya,” paparnya.

Tim Jibom Polda

Terpisah, Kapolsek Ciawigebang, Kompol Yayat Hidayat, saat dimintai tanggapannya, membenarkan penemuan granat nanas aktif oleh warga Desa Sukadana.

“Iya, kami sudah dapat laporan dari anggota, dan sudah diamankan sementara di balai desa setempat. Saat ini kami masih menunggu, agar bisa dievakuasi Tim Jibom Polda Jabar,” terang Kompol Yayat.

Hingga berita ini ditulis, Tim Jibom Polda Jabar menurut informasi masih dalam perjalanan menuju Kuningan. Barang bukti granat nanas masih diamankan di balai Desa Sukadana dengan diberi garis polisi. (Ruddy/SGO)