Boleh Buka, Syaratnya Karyawan Tempat Hiburan Malam Ikut Swab Massal

oleh

CIREBON, (SGOnline).-

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cirebon berencana membuka kembali jam operasional tempat hiburan malam. Hal itu ditandai dengan digelarnya swab dan tes HIV-AIDS massal yang diikuti 140 pemandu lagu (PL), waiters dan karyawan di Liberty Karaoke, Senin (13/7/2020).

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Cirebon, Nanang Ruhyana, mengemukakan, pemeriksaan itu merupakan syarat jelang dibukanya tempat hiburan malam.

“Saat ini kami memeriksa 140 orang dari delapan tempat hiburan malam dan dikonsentrasikan di satu tempat. Ini syarat operasional. Selain itu, tempatnya harus steril, jadi pekerjanya juga harus bebas covid-19,” kata Nanang.

Menurut dia, tempat hiburan sangat rentan jadi hotspot penyebaran virus covid-19. Oleh sebab itu, pemkab akan terus mengawasi seluruh tempat hiburan di Kabupaten Cirebon secara berkala.

“Risikonya karena ruangan tertutup dan waktu operasionalnya lama, sehingga sangat memungkinkan penularan melalui udara terutama ruang ber-ac. Untuk pengawasan nanti akan dilakukan Satpol PP dan Disbudparpora,” lanjutnya.

Nanang juga menegaskan, jika nanti ada karyawan yang dinyatakan positif, maka tempat hiburan malam tersebut dilarang beroperasi. Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Cirebon juga meminta pengelola agar menerapkan protokol kesehatan ketat bagi pengunjung dan karyawan. (Andi/SGO)