BRI Latih 100 Pelaku UMKM untuk Go Internasional

oleh -95 views

CIREBON, (SGOnline).-

Bank Rakyat Indonesia menggelar pelatihan kepada 100 pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM). Acara yang dipusatkan di Hotel Aston Cirebon ini melibatkan Dinas Perindustrian Perdagangan (Disperindag), Badan Keuangan Daerah (BKD), Bukalapak, Tokopedia dan sejumlah pengusaha sukses.

Kepala Cabang BRI Kartini Cirebon, Moh. Harsono menjelaskan, pelatihan tersebut berkaitan dengan HUT ke-124 BRI yang biasa diperingati setiap 16 Desember. Hal itu sebagai bentuk tanggung jawab sosial BRI terhadap masyarakat, khususnya pelaku UMKM.

“Tanggung jawab sosial ini tertuang dalam program corporate social responsibility. Secara keseluruhan BRI melatih 10.000 UMKM yang tersebar di seluruh Indonesia. Jadi pelatihan ini bukan hanya di Cirebon saja,” kata Harsono di sela kegiatan, Selasa (26/11/2019).

Menurutnya, pelatihan UMKM ini untuk 1 kota diikuti 100 orang dan Cirebon terpilih menjadi salah satu kota yang melaksanakan pelatihan. “Materi pelatihan sendiri berupa administrasi, manajemen keuangan, akses perbankan, pengembangan produk dan kami mengundang Tokopedia dan pengusaha sukses untuk membimbing,” terang Moh. Harsono.

Dijelaskannya, kegiatan ini bertujuan agar UMKM selain jualan offline di pasar tradisional, mereka juga dibekali supaya bisa go internasional. Tetapi, untuk bisa go internasional sebelumnya harus dibekali dengan cara go modern.

“Jadi go modern itu artinya dia dibekali bagaimana cara meningkatkan produk yang dia buat, bagaimana dia membuat merk. Setelah go modern maka akan ada pendidikan lanjutannya, yaitu go digital bisa berupa medsos, facebook, instagram, Shopee atau Tokopedia,” ungkap Moh. Harsono.

Sedangkan peserta yang mengikuti kegiatan ini berasal dari Kabupaten dan Kota Cirebon. Walaupun kegiatan ini hanya satu hari saja, tapi BRI akan tetap melakukan pendampingan supaya mendorong UMKM bisa maju.
BRI telah membiayai 31.640 UMKM berupa bantuan pinjaman dan tahun ini naik 2.150 UMKM. Ia berharap dari 100 org ini ada pengusaha yang go internasional. (Bobby/SGO)