Bunda Literasi Jabar Cek Perpustakaan Desa Pasayangan Kuningan

oleh
Atalia Praratya Ridwan Kamil berpose bersama usai meninjau perpustakaan di Desa Pasayangan, Kuningan, Kamis (9/7/2020).

KUNINGAN, (SGOnline).-

Bunda Literasi Jawa Barat, Atalia Praratya Ridwan Kamil, bersama Kadispuspida Jawa Barat, H Ahmad Hadadi, dan Tim penilai, rechecking Lomba Perpustakaan Desa/Kelurahan Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2020, melakukan kunjungan ke Perpustakaan “Jendela Dunia”, Desa Pasayangan, Kecamatan Lebakwangi, Kuningan, Kamis (9/7/2020).

Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan (Disarpus) Provinsi Jabar, Ahmad Hadadi, mengatakan rechecking Lomba Perpustakaan Desa merupakan bagian program unggulan menuju Jabar Juara, Jabar Melek Baca, Masyarakat Teredukasi dan Sejahtera.

“Indeks baca harus meningkat dan melek data. Sebab, saat ini melek baca masyarakat masih berada di papan tengah. Perpustakaan diharapkan mampu mencerdaskan masyarakat, sekolah dan desa di Jabar harus ada perpustakaan,” katanya.

Sementara itu, Atalia Praratya Ridwan Kamil menilai, Perpustakan Jendela Dunia memiliki sejumlah kelebihan, terutama untuk pembaca disabilitas. “Adanya fasilitas bagi disabilitas, ini sangat luar biasa karena di perpustakaan lain belum banyak yang menyiapkan fasilitas bagi saudara kita yang disabilitas,” tuturnya.

Sampai ke rumah warga

Ataliya berpesan, pemerintah di semua tingkatan sebaiknya mendukung perpustakaan. Tidak hanya di kecamatan atau desa, tapi harus sampai ke rumah warga.

“Semoga perpustakaan bisa menjadi tempat kreatif. Bukan sekadar edukasi dan informasi, namun semua kebutuhan masyarakat harus dihadirkan dalam perpustakaan. Tumbuhkan juga minat membaca sejak dini kepada anak-anak kita,” pintanya.

Sementara itu, Bupati Kuningan, Acep Purnama, menyebutkan, rechecking menjadi momen penting untuk memotivasi pemerintah daerah dalam memajukan perpustakaan.

“Mudah mudahan masuk dalam penilaian baik, sehingga jadi motivasi bagi para kepala desa untuk mengembangkan perpustakaan di wilayah tugasnya,” ujarnya. (Ruddy/SGO)