Bupati Akhirnya Perintahkan Buka Segel Batu Satangtung, Ada Apa?

oleh -126 views

KUNINGAN, (SGOnline).-

Polemik Batu Satangtung, akhirnya berujung pada pembukaan segel. Bupati Kuningan, Acep Purnama melalui Surat Perintah No: 300/2168/POL PP, ditujukan kepada Kepala Bidang Penegakan Peraturan Perundang-undangan Daerah, Ujang Jaidin, untuk membuka kembali segel bangunan Tugu Satangtung, Kamis (13/8/2020).

Menurut Bupati Kuningan, saat awal penyegelan merupakan bentuk penegakan perda, akibat kurangnya permohonan dan kelengkapan administasi sesuai aturan yang berlaku.

“Nah sekarang segel dibuka lagi, karena penegakan perda kembali. Persyaratan dan permohonannya sudah dilengkapi, untuk mendirikan bangunan bukan gedung, berupa monumen tugu, patung atau batu satangtung,” jelas Acep di halaman Pendopo Kuningan, Kamis (13/8/2020).

Sedangkan untuk perkuburan di atas lahan pribadi, Bupati Kuningan pun membolehkan hal tersebut dilakukan. “Pada prinsipnya kami melihat beberapa persyaratan sudah dilengkapi. Namun untuk mendirikan pemakaman bukan umum, kami menunggu keputusan Kemendagri,” tandasnya.

Tunggu Kemendagri

Ia pun menegaskan, tindakannya itu sesuai peraturan daerah. Sebab, surat permohonannya sudah dipenuhi, maka diberi izin. “Bila untuk pembangunan tugu satangtung ya mangga, tapi kalau pemakaman nanti dulu. Soalnya, kami masih menunggu keputusan dari Kemendagri,” paparnya.

Adanya stigma tentang gerakan senyap, Bupati pun menjelaskan hal tersebut salah, karena pembukaan segel tugu satangtung dibarengi dengan pemberian SK. “Kami membuka segel itu pada pukul 07.00 WIB pagi, bersamaan dengan penyerahan SK,” tukasnya.

Selain itu, Acep pun berterima kasih kepada masyarakat yang turut menjaga kondusivitas daerah. “Terima kasih kepada masyarakat atas kepatuhan dan pemahaman terhadap kebijakan yang dilakukan pemerintah,” ucapnya. (Ruddy/SGO)