Bupati Cirebon: Nanti, Pengurusan KTP Hanya Sampai Kecamatan

oleh

CIREBON, (SGOnline).-

Keinginan Bupati Cirebon, H Imron, untuk mempermudah pelayanan KTP elektronik (e-KTP) bagi masyarakat, cukup menggebu-gebu. Pasalnya, di beberapa kesempatan, mantan Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Cirebon itu, selalu membahas terkait obsesinya mempermudah proses pengurusan KTP hanya di tingkat kecamatan.

Hal itu juga disampaikan Bupati, saat kunjungan kerja di Kecamatan Losari. Ia sedang berupaya untuk mempermudah pengurusan KTP, hanya sampai kecamatan saja. “Nanti tidak usah ke kabupaten lagi, tapi cukup di kecamatan saja,” kata Imron, Kamis (16/7/2020).

Untuk merealisasikannya, Pemkab Cirebon bekerja sama dengan Telkom. Upaya itu guna memfasilitasi jaringan internet di seluruh desa dan kelurahan. Fasilitas ini akan mempermudah pendataan dan juga proses pelayanan kepada masyarakat. “Sebab, pendataan bantuan dan lainnya, bersumber dari KTP. Jadi KTP ini penting sekali,” kata Imron.

Ia juga membahas masih adanya kekurangakuratan data penduduk. Hal itu terlihat saat proses penerimaan bantuan pemerintah. Carut marut data, akibat banyaknya data yang tidak sama antarinstansi.

Data terpadu

Dengan terfasilitasinya akses internet di seluruh Kabupaten Cirebon, lanjut dia, Pemkab Cirebon akan menerapkan single data, sehingga hanya ada satu data, terkait data kependudukan dan lainnya.
“Kita akan membuat data terpadu satu pintu. Jadi nanti tidak ada lagi data desa beda dengan kecamatan dan juga instansi lainnya,” kata Imron.

Bupati menyebutkan, kunjungan kerjanya ke sejumlah kecamatan di Kabupaten Cirebon, untuk bisa melihat secara langsung potensi dan problem yang sedang dialami wilayah tersebut.

Berdasarkan hasil kunjungan kerja ini, ia bisa membuat kebijakan berdasarkan masukan yang diterima langsung dari bawah. “Sehingga kita bisa bersama-sama membangun Kabupaten Cirebon,” ujar Imron. (Andi/SGO)