Bupati Majalengka Bakal Libatkan Pejabat untuk Pengadaan Masker dan APD

oleh -83 views

MAJALENGKA, (SGOnline).-

Bupati Majalengka, H Karna Sobahi mewajibkan seluruh masyarakat menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah atau pun bepergian di area publik. Dengan masker, diharapkan mampu memutus mata rantai penyebaran virus corona.

“Tujuan penggunaan masker sendiri untuk menekan risiko terpapar virus, sekaligus memotong jalur penyebaran covid-19,” tandas Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan (GTTP) Covid-19 Kabupaten Majalengka ini, Rabu (8/4/2020) melalui pesan singkatnya.

Ia menjelaskan, bagi masyarakat umum bisa menggunakan masker kain sebagai alternatif. Sebab, masker berstandard medis lebih diutamakan bagi tenaga kesehatan dan penggunaan masker kain yang tepat dapat mengurangi risiko penularan covid-19.

Diakui Bupati Karna Sobahi, Pemkab Majalengka sudah menggelontorkan anggaran untuk pembelian masker dari APBD tahun 2020. Namun, untuk menutupi kekuranganya, ia akan meminta bantuan pejabat di lingkungan kerjanya secara sukarela.

“Saya akan libatkan kalangan pejabat untuk menyumbang masker dan pengadaan APD, yang pembuatannya diarahkan kepada pengusaha konveksi yang ada di lingkungan masing- masing,” ungkap mantan Wakil Bupati Majalengka dua periode ini.

Selalu gunakan masker

Hal senada disampaikan Juru Bicara GTPP Covid-19 Kabupaten Majalengka, H Alimudin. Ia mengimbau masyarakat mengenakan masker kain, dengan cara yang benar dan tertutup. Meski menggunakan masker, jaga jarak antar sesama tetap berlaku, yakni 1-1,5 meter.

“Selain itu sering-seringlah cuci tangan dengan sabun di air mengalir. Soalnya, kadang tanpa disadari tangan kita menyentuh benda-benda di sekeliling kita. Bahkan bisa jadi saat membetulkan maskes, tangan kita mengandung virus corona. Jadi saran saya, sesering mungkin cuci tangan pakai sabun,
” ujarnya. (Rilis/SGO)