Calon Pengantin Bakal Diperiksa HIV-AIDS

oleh -89 views

CIREBON, (SGOnline).-

Dalam rangkaian puncak Hari Kesehatan Nasional (HKN), Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon, Hj. Eny Suhaeni meluncurkan kolaborasi dini HIV-AIDS melalui standar operasional prosedur (SOP) pemeriksaan calon pengantin, ibu hamil dan pasangan di Kabupaten Cirebon. Hal itu ditandai dengan pelepasan balon bersama Bupati H. Imron Rosyadi, Sekda Rahmat Sutrisno, Ketua DPRD Moh. Luthfi, unsur Forkopimda dan puskesmas se-Kabupaten Cirebon, Jumat (15/11/2019).

Bupati Imron kepada awak media mengatakan, Pemkab Cirebon menghendaki semua masyarakatnya sehat, karena sehat merupakan faktor utama yang memiliki peran sangat penting. “Sehat dan ilmu ekonomi saling berkaitan, dengan sehat masyarakat bisa melakukan segala aktivitasnya. Namun, budaya hidup sehat terbentuk karena kebiasaan. Maka dari itu, kenapa stunting masih tinggi, karena faktor berbudaya hidup sehat di masyarakat masih kurang,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinkes Kabupaten Cirebon, Eny Suhaeni menjelaskan mengenai program kolaborasi. Ia berharap, masyarakat menjadi terbuka dan menyadari pentingnya menjaga hidup sehat. Di sisi lain, Eny menegaskan fungsi dan tugas puskesmas. Menurutnya, pukesmas bukan hanya tempat untuk berobat, akan tetapi lebih ke upaya preventif atau pencegahan, seperti cek darah, kolesterol, gula dan lain sebagainya, sehingga bisa dicegah ke pencegahan penyakit yang lebih kronis secara dini.

“Penderita HIV-AIDS di Kabupaten Cirebon ini sudah menyentuh angka 1.812 penderita dan pemeriksaan kepada calon pengantin atas risiko penyakit ini menjadi penting apakah pasangan ini positif atau negatif. Kami juga menginginkan agar 2023 zero stunting di Jabar dan kabupaten juga mengikuti,” tuturnya.(Mad/SGO)