Cegah Wartawan Tertular Covid-19, PWI Keluarkan Surat Imbauan

oleh
Ketua PWI Kabupaten Majalengka, Jejep Falahul Alam dalam suatu acara

MAJALENGKA, (SGOnline).-

Untuk mencegah dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19 terhadap jurnalis, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Majalengka mengeluarkan surat imbauan. Surat bernomor 72/B/PWI/MJl/X/2020 tentang Protokol Peliputan dan Penetapan Perlengkapan Kesehatan bagi Wartawan ini,

Ketua PWI Kabupaten Majalengka mengimbau awak media agar memperhatikan protokol kesehatan dan berhati-hati saat melakukan peliputan di lapangan. Selain itu, wartawan juga diminta tidak melakukan wawancara tatap
muka maupun wawancara door stop untuk sementara waktu, terutama di tengah meningkatnya pandemi
Covid-19.

“Mengimbau kepada wartawan untuk sementara tidak menghadiri konferensi pers di ruang tertutup maupun terbuka. Akses menuju lokasi wawancara bisa jadi melewati jalur yang tidak aman sesuai protokol kesehatan,” ucapnya, Sabtu (17/10/2020).

Selain itu, jurnalis disarankan tidak mendekati rumah sakit rujukan atau mendatangi rumah pasien guna menghindari hal-hal yang tak diharapkan. Jika sangat mendesak, diimbau mengambil jarak minimal 10 meter dari lokasi.

“Wartawan hendaknya selalu menggunakan masker, membekali diri dengan hand sanitizer, rajin mencuci tangan dengan sabun di air mengalir minimal 20 detik. Tak lupa selalu menjaga jarak dan menghindari setiap kerumunan,” imbuhnya.