Danrem 063/SGJ Dampingi Menteri Kelautan Tinjau Pelabuhan Perikanan Gebang Mekar

oleh

CIREBON, (SGOnline).-

Komandan Korem 063/SGJ Cirebon, Kolonel Inf Elkines Villando Dewangga K, didampingi Dandim 0620/Kabupaten Cirebon, Letkol Arh Adhi Kurniawan, menyambut kunjungan kerja Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Eddy Prabowo di Pelabuhan Perikanan Gebang Mekar, Blok Petoran, Desa Gebang Mekar, Kecamatan Gebang, Kabupaten Cirebon, Selasa (7/7/2020).

Pada kesempatan itu, Edhy Prabowo, menyampaikan rasa terima kasih atas sambutan nelayan dan warga masyarakat yang sangat baik. Ia juga meminta aparat TNI/POLRI jangan sampai menjadi musuh nelayan.

“TNI dan Polri harus jadi mitra dan pendukung nelayan. Bila ada kendala agar dibantu. Setiap pelabuhan pasti memiliki hambatan, termasuk Pelabuhan Perikanan Gebang Mekar. Saya berkomitmen akan menghidupkan kembali pelabuhan ini,” tandasnya.

Untuk soal perizinan, Edhy Prabowo berjanji akan mempermudah dan proses tersebut sedang dibahas. Inilah yang menjadi salah satu dirinya berkunjung ke Cirebon. “Kami juga ingin membantu nelayan dan pembudidaya ikan agar mereka bisa bekerja secara maksimal,” ujarnya.

Aspek kelautan

Sementara itu, Komandan Korem 063/SGJ, Kolonel Inf Elkines Villando Dewangga K, meminta Dandim 0620/Kabupaten Cirebon untuk segera berkoordinasi dengan Pemkab Cirebon.

“Segera bahas pembangunan infrastruktur di sekitar TPI, tingkatkan peran koperasi untuk pengendalian harga dan cegah limbah masuk aliran sungai agara perekonomian nelayan meningkat,” paparnya.

Korem 063/SGJ, lanjutnya, siap dan akan terus mendukung program pemerintah. Terlebih program ketahanan pangan juga meliputi aspek kelautan.

“Wilayah Korem 063/SGJ ini sangat luas, mulai dari pantai di Kabupaten Karawang sampai ke Pelabuhan Perikanan Gebang Mekar, Kabupaten Cirebon. Tugas kita mendukung dan menyukseskan program pemerintah demi kesejahteraan masyarakat, khususnya nelayan,” jelasnya. (Rilis/Andi/SGO)