Dewan Pers: Pegang Teguh Kode Etik Jurnalistik

oleh -59 views

CIREBON, (SGOnline).-

Dewan Pers kembali mengadakan workshop di Cirebon. Kali ini acara yang digelar di Hotel Aston Cirebon ini mengusung tema “Workshop peliputan pasca pemilihan legislatif dan pemilihan presiden 2019”, Jumat (18/10/2019).

Workshop menghadirkan tiga narasumber, yakni Ketua Komisi Penelitian, Pendataan dan Ratifikasi Pers Dewan Pers, Ahmad Djauhar, Ketua Komisi Hukum Dewan Pers Agung Dharmajaya, dan Ketua Komisi Hubungan Antar Lembaga an Luar Negeri Agus Sudibyo.

Dalam pemaparanya, Agung menjelaskan tentang berbagai macam persoalan yang ada dalam pemilu, di antaranya rendahnya edukasi/literasi kepada pemilih, hoax, kredibilitas quick count dan kepercayaan media mainstream.

“Hal itu yang terungkap dalam pesta demokrasi yang terjadi kemarin, sehingga diharapkan wartawan sebagai pemberi informasi ke masyarakat bisa berpegang pada 11 pasal dalam kode etik jurnalistik,” paparnya.

Ia menjamin tidak akan ada masalah dalam melaksanakan tugas jika wartawan berpegang pada kode etik jurnalistik. “Pahami dan pegang teguh kode etik jurnalistik agar tugas peliputan tetap berjalan sesuai koridor. Selain di Cirebon kegiatan workshop ini juga diadakan di Bima, Sibolga dan Kediri,” ungkap Agung.

Acara yang melibatkan unsur wartawan dari Cirebon, Kuningan dan Majalengka ini tampak serius menyimak materi yang disampaikan para narasumber. Diakhir acara wartawan diberi kesempatan dalam sesi tanya jawab. (Bobby/SGO)