Dinilai Melecehkan, Forum Kuwu Gelar Demo Kecam Aan Setiawan

oleh -283 views

CIREBON, (SGOnline).-

Ratusan kuwu yang tergabung dalam Forum Kuwu Kabupaten Cirebon (FKKC) mendatangi Gedung DPRD setempat. Kedatangan mereka untuk memprotes pernyataan anggota Komisi IV, Aan Setiawan dalam sebuah talk show di televisi lokal yang dianggap menyinggung perasaan kuwu se-Kabupaten Cirebon, Senin (8/6/2020).

Aksi pengunjuk rasa yang diterima Ketua DPRD Kabupaten Cirebon, Moh. Luthfi ini awalnya nyaris bentrok dengan aparat keamanan yang berjaga di lokasi unjuk rasa. Namun emosi massa akhir bisa diredam setelah perwakilan pendemo diterima Moh. Luthfi, Wakil Ketua DPRD H. Rudiyana dan anggota IV, Aan Setiawan di ruang sidang paripurna.

Dari pertemuan itu terungkap, statemen Aan Setiawan dalam talk show menyebut persoalan data warga penerima bantuan merupakan tanggung jawab kepala desa. Tampaknya, komentar tersebut memicu emosi kuwu karena merasa disudutkan. Bahkan permintaan Aan yang sempat meminta maaf, langsung dibalas dengan cemoohan kuwu.

“Saya Aan Setiawan, anggota Fraksi PDI Perjuangan Kabupaten Cirebon, meminta maaf kepada para kuwu atas statement yang salah pada talk show yang ditayangkan kemarin malam,” ungkapnya.

Aparat turun tangan

Belum sempat Aan Setiawan melanjutkan pembicaraannya, suasana langsung gaduh karena pendemo mendesak Aan untuk mundur dari keanggotaan di DPRD dan PDIP memecat yang bersangkutan dari partai. Bahkan puluhan kuwu sempat mendekati Aan dan melontarkan kata-kata kecaman.

Kondisi yang memanas berhasil diredam aparat keamanaan yang turut menenangkan massa dan Aan dikeluarkan dari gedung dewan, meskipun kecaman terhadap Aan terus dilontarkan kuwu. Ketua DPRD Kabupaten Cirebon juga sempat meminta maaf atas nama lembaga, namun justru memicu kegaduhan baru dan kuwu tetap menginginkan Aan untuk mundur.

Sementara itu, Ketua DPRD Moh. Luthfi berjanji akan menuntaskan permasalahan ini secepatnya. “Semua ada mekanismenya dan saya akan menyelesaikan masalah ini,” tegasnya. (Andi/SGO)