Dinkes Lacak Kontak Erat Sekda, dari Pejabat Sampai Wartawan

oleh -11 views

CIREBON, (SGOnline).-

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon, Agus Mulyadi terkonfirmasi positif Covid-19. Diduga, tinggi aktivitas yang bersangkutan menjadi penyebabnya. Dinas Kesehatan setempat kini melacak kontak erat Sekda Agus Mulyadi, dari pejabat hingga kalangan jurnalis.

”Tadi malam, kami mengetahui Pak Sekda positif Covid-19,” kata Walikota Cirebon, Nashrudin Azis kepada awak media, Jumat (4/9/2020), di rumah dinasnya.

Agus Mulyadi yang tidak menunjukkan gejala klinis, harus menjalani isolasi mandiri di rumah dinasnya. Sementara keluarganya pindah ke rumah pribadinya.

Azis mengaku, belum mengetahui pasti riwayat perjalanan dan kontak dekat Agus Mulyadi sampai tertular virus corona. Namun, mobilitas Sekda yang berusia lebih dari 50 tahun itu cukup tinggi. Dalam sehari, Agus bisa menghadiri tiga kegiatan.

”Info yang saya terima, Pak Sekda pernah ke Bogor bertemu sekda se-Jawa Barat. Saya enggak hafal waktunya. Tetapi, indikasinya tidak hanya itu, karena Pak Sekda banyak ketemu orang,” ungkap Azis.

Jumat pagi, Azis menjalani tes usap tenggorokan. Hal serupa juga akan dilakukan terhadap aparatur sipil negara yang sempat kontak erat dengan Agus. Upaya itu untuk memetakan penularan Covid-19 di lingkungan Pemkot Cirebon.

Azis masih berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan untuk melakukan tes usap massal secepatnya. Sterilisasi Balai Kota dilakukan setelah swab test. Pejabat yang mobilitasnya tinggi harus dapat prioritas. “Ini bukan tebang pilih, tetapi mengamankan banyak orang,” terangnya.