Disdik Kabupaten Cirebon Mulai Terapkan Pendidikan Anti Korupsi

oleh -45 views

CIREBON, (SGOnline).-

Pemerintah Kabupaten Cirebon mulai membuka mata pelajaran anti korupsi (PAK) di sekolah dasar (SD) dan sekolah menegah pertama (SMP). Tujuannya agar generasi penerus bangsa tidak terjerumus pada tindak pidana korupsi jika kelak mengabdi pada bangsa dan negara. Program ini ditangani KPK Bidang Pencegahan dan pelaksanaannya berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan dan Kantor Kementerian Agama setempat.

Sebagai tahap awal setelah dilakukannya rapat monitoring dan evaluasi, Tim KPK meninjau pelaksanaan PAK di tiga SD dan SMP terbaik, kemarin. Untuk PAK, Kabupaten Cirebon merupakan daerah pertama di Jawa Barat yang mengeluarkan Peraturan Bupati (Perbup) khusus. Kebijakan itu merupakan anugerah sejak KPK melakukan tindakan penegakan hukum di daerah ini.

“Cirebon merupakan daerah pertama di Jabar yang memiliki Perbup PAK. Tapi untuk implelentasi PAK, Cirebon menjadi daerah kedua setelah Kota Bogor. Tim KPK yang datang ke Cirebon nantinya akan memantau langsung pelaksanaan PAK di sekolah-sekolah yang telah ditunjuk. Jika sukses akan diterapkan di seluruh sekolah,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Satuan Tugas Pendidikan Dasar Menengah dan Pemerintah Daerah Bidang Pencegahan KPK, Guntur Kusmeiyano menjelaskan, PAK merupakan tindak lanjut kerja sama KPK dengan lintas kementerian, salah satunya Kementerian Pendidikan tahun 2018 lalu. Kali ini, KPK akan melakukan monitoring implementasi PAK di Jawa Barat, yakni di Kota Bogor dan Kabupaten Cirebon.

Tahun ini, ada 10 provinsi yang mulai menerapkan program tersebut, untuk Jawa Barat di Kota Bogor dan Kabupaten Cirebon. Sedangkan daerah lainnya tersebar di sejumlah provinsi seperti Sumatera Utara, Jawa Tengah, Jawa Timur, Riau, Nusa Tenggara Timur, Bali, Kalimantan Selatan dan Gorontalo,” tutur Guntur.(Mad/SGO)