Disdik Kuningan Persiapkan SOP Protokol Jelang KBM Tatap Muka

oleh
Uca Somantri

KUNINGAN, (SGOnline).-

Menjelang penerapan adaptasi kebiasaan baru (AKB), Dinas Pendidikan Kabupaten Kuningan kini tengah mempersiapkan SOP protokol covid-19 menyongsong kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan Kuningan, H Uca Somantri, saat menjawab pertanyaan awak media terkait penyelenggaraan pendidikan di masa pandemik corona, Selasa (16/6/2020).

“Sebenarnya untuk juknis kita masih menunggu keputusan pemerintah pusat, tapi sebagai langkah antisipasi perlu dipersiapkan, bila nantinya ada kebijakan pusat yang dirasa kurang pas jika diterapkan di daerah,” jelasnya.

Hingga kini, KBM secara daring masih dilakukan. Namun ada beberapa kendala yang dihadapi, terutama untuk siswa SD kelas 1-2. “Untuk siswa usia tersebut, jika belajar dari rumah banyak kesulitan karena mereka kan, sedang belajar membaca dan menulis, jadi sebaiknya dibimbing gurunya langsung,” tuturnya.

Blank spot

Selain itu, signal pun menjadi masalah. Sebab baru 40 persen daerah di pelosok Kuningan yang terjangkau jaringan. “Ya masalah signal kami dengan Dinas Komunikasi dan Informatika Kuningan sudah berkoordinasi, agar beberapa blank spot bisa segera mendapatkan sinyal provider internet,” ucapnya.

Sedangkan untuk tahun ajaran baru akan dimulai pada 13 Juli 2020. Namun, jadwal tersebut masih belum bisa dipastikan, karena keputusan dari Dinas Pendidikan Provinsi belum ada.

Ditanya proses kenaikan kelas untuk tahun ajaran 2019-2020, Uca Somantri, menjelaskan, saat ini masih dalam proses penilaian sekolah. Beberapa nilai rapor untuk kenaikan kelas, selain diambil dari nilai Ujian Kenaikan Kelas (UKK), juga dari nilai siswa selama proses belajar dari rumah (daring).

“Kita belum bisa menyebutkan seratus persen siswa naik kelas atau lulus, karena masih dalam proses di beberapa sekolah,” kata Uca. (Ruddy/SGO)