DPRD Pertanyakan Banyaknya PJU yang Padam dan Terhalang Pohon

oleh -85 views

CIREBON, (SGOnline).-

Komisi I DPRD Kota Cirebon menggelar rapat kerja bersama Dinas Perhubungan (Dishub). Pertemuan yang digelar di gedung DPRD setempat ini, salah satu pokok bahasannya tentang rencana kerja Dishub pada tahun depan, Selasa (9/6/2020).

Selain program kerja, dalam rapat itu juga dibahas tentang beberapa program yang gagal direalisasi akibat pandemi Covid-19. Dari sejumlah catatan yang belum bisa dilaksanakan, yang paling menjadi sorotan adalah perbaikan sarana dan prasarana penerangan jalan umum (PJU) di beberapa titik.

Anggota Komisi I DPRD Kota Cirebon, R Endah Arisyanasakanti, mengemukakan, terdapat sejumlah PJU yang padam, baik di wilayah kota maupun jalan provinsi. Kondisi itu dikeluhkan masyarakat karena mengganggu pandangan pengguna jalan.

“Selain itu, tidak sedikit PJU yang terhalang ranting pohon, sehingga tidak bisa menerangi jalan raya. Saya paham untuk lampu PJU di jalur provinsi bukan kewenangan Disbib Kota Cirebon, tapi paling tidak bisa dikoordinasikan dengan provinsi,” katanya.

Tak bisa berjalan

Menyikapi hal itu, Kepala Dishub Kota Cirebon, H Yoyon Indrayana, menjelaskan, pembahasan rencana kerja tahun 2021 ini digelar karena banyak program yang tidak bisa dijalankan, akibat anggaran mengalami refocusing penanganan covid-19.

Rencananya, lanjut dia, tahun depan akan ada penambahan 200 titik PJU baru di Kota Cirebon dengan kualitas lampu LED. Dari 8.000 lebih lampu PJU yang tersedia, baru 1.500 yang diganti dengan LED. Penggantian lampu konvensional menjadi LED bisa menghemat anggaran sekitar Rp 200 juta per tahun.

“Semoga jika covid-19 selesai, kami bisa melanjutkan program yang tertunda di tahun ini akibat refocusing anggaran. Adapun dana yang disediakan untuk penambahan PJU tahun depan sekitar Rp 9 miliar,” paparnya. (Humas/Erwin/SGO)