Edhy Prabowo Bakal Perbaiki Fasilitas TPI Gebang

oleh
Edhy Prabowo

CIREBON, (SGOnline).-

Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo, berjanji akan memperbaiki fasilitas tempat pelelangan ikan (TPI) di Desa Gebang Mekar, Kecamatan Gebang, Kabupaten Cirebon.

Diakuinya, area TPI Gebang memiliki potensi yang cukup bagus. Selain lahannya yang cukup luas, TPI ini juga berada di daerah yang dihuni banyak nelayan.

“Kapal nelayan juga cukup banyak. Potensi besar ini harus dimaksimalkan. Saya berkomitmen untuk menindaklanjutinya,” kata Edhy Prabowo saat melakukan kunjungan kerja ke daerah ini, Selasa (7/7/2020).

Dari pantauannya, ada beberapa hal yang harus segera dibenahi untuk menunjang TPI Gebang ini, seperti akses jalan masuk dan cool storage. Sebab, walaupun didirikan cukup lama, namun beberapa fasilitas masih perlu perbaikan.

Rencana tertunda

Berdasarkan informasi dari Bupati Cirebon, Imron, jalan masuk sebenarnya akan diperbaiki melalui anggaran Provinsi Jawa Barat. Namun, karena adanya pemotongan anggaran, akhirnya rencana tersebut ditunda. “Nanti kita lihat, apakah bisa kita intervensi dari pusat,” kata Edhy.

Edhy juga merespon harapan Bupati Cirebon, terkait banyaknya muara sungai di Kabupaten Cirebon yang mengalami pendangkalan. Hal tersebut membuat nelayan kesulitan membawa hasil tangkapannya.

“Ini masalah klasik. Nanti kami akan sharing dengan kementerian lainnya agar segera dilakukan perbaikan. Kami juga sedang menginventarisasi wilayah mana saja yang mengalami pendangkalan,” ujar Edhy.

Sebelumnya, Bupati Cirebon, H Imron, menyampaikan, potensi kelautan yang ada di Kabupaten Cirebon sangat besar. Luas garis pantainya mencapai 77,97 KM. Kondisi tersebut membuat banyak warga bekerja sebagai nelayan, yakni 17.000 orang dengan 6.794 kapal. (Andi/SGO)