Entaskan Kemiskinan Melalui Program Keluarga Harapan

oleh -48 views

KUNINGAN, (SGOnline).-

Upaya pemerintah untuk mengentaskan kehidupan masyarakat kurang mampu menjadi sejahtera terus dilakukan. Salah satu tujuannya, yakni agar akselerasi pembangunan tercapai dan pada akhirnya akan mengangkat roda perekononian secara keseluruhan.

Seperti yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Hal itu terlihat dari ribuan peserta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) hadir dalam Gebyar Program Keluarga Harapan (PKH). Kegiatan yang bertema “Kuningan Maju” yang digelar Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Kuningan dan Pelaksana Program Keluarga Harapan (PPKH) ini dipusatkan di GOR Ewangga, kemarin.

Dalam laporan panitia, H. Dadang Supardan tujuan diadakan Gebyar PKH adalah sebagai upaya membangun sistem perlindungan sosial kepada masyarakat miskin untuk mempertahankan dan meningkatkan kesejahteraan mereka.

“Ada lima manfaat pelayanan sosial dasar bagi keluarga penerima manfaat di antaranya di bidang kesehatan, pendidikan, pangan dan gizi,” paparnya yang juga Plt Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupateb Kuningan.

Selain dihadiri Bupati Kuningan, H Acep Purnama, kegiatan tersebut juga disaksikan Wakil Bupati M. Ridho Suganda, Sekda H. Dian Rahmat Yanuar dan Kepala Dinas Sosial Jabar Dodo Suhendar serta para tamu undangan lainnya.

Bupati Kuningan H. Acep Purnama dalam sambutannya mendukung penuh program KPM, dan ia berharap KPM tidak terbebani dengan pengeluaran akses pelayanan di bidang pendidikan, kesehatan dan pelayanan sosial sehingga mampu mencapai taraf hidup lebih baik.

“Di Kabupaten Kuningan sendiri, pelaksanaan PKH sudah dimulai sejak tahun 2007 hingga tahun 2019. Adapun peserta PKH mencapai 43.098 dan pada tahun ini telah berhasil menggraduasi mandiri sejahtera Sebanyak 643 KPM,” ujarnya. (Andin/SGO)