Forum Cirebon Bersatu Tolak RUU Haluan Ideologi Pancasila

oleh
Ketua DPRD Kota Cirebon, Hj. Affiati saat menerima pengunjuk rasa menolak RUU HIP di depan gedung dewan setempat, Senin (6/7/2020).

CIREBON, (SGOnline).-

Massa yang tergabung dalam Forum Cirebon Bersatu (FCB), yang terdiri dari LSM, ormas Islam, OKP dan tokoh masyarakat, berunjuk rasa menolak dan mencabut RUU HIP di depan Balai Kota dan gedung DPRD di Jalan Siliwangi, Kota Cirebon, Senin (6/7/2020).

Mereka menyerukan RUU HIP untuk dicabut, karena tidak sesuai dengan tatanan masyarakat Indonesia. Sebab, Pancasila adalah satu-satunya ideologi negara Indonesia yang tidak bisa diganggu gugat.

“Kita harus ingat perjalanan sejarah bangsa Indonesia terdahulu. Mereka berjuang mati-matian membela NKRI dengan penuh semangat,” tandas Koordinator FCB Almawi.

Pantauan Surya Grage Online di lapangan, perwakilan pengunjuk rasa secara bergantian melakukan orasi. Mereka mendesak agar RUU HIP dibatalkan bukan ditunda. Pancasila dan Undang Undang Dasar 1945 tetap menjadi ideologi dan dasar negara, serta menolak paham komunis.

Pembacaan ikrar

Sementara itu, sejumlah perwakilan pengunjuk rasa melakukan audiensi dengan wakil rakyat. Pertemuan dipimpin Ketua DPRD Hj. Affiati, Wakil Ketua, Fitria Pamungkaswati dan Wakil Ketua, Handarujati Kallamullah bersama anggota dewan lainnya. Kemudian, mereka berbaur bersama demonstran yang menunggu di luar gedung.

Pada kesempatan itu, Hj. Affiati membacakan tiga poin ikrar. “Demi Allah kami bersumpah akan setia pada kesatuan negara RI yang berlandaskan Pancasila dan UUD’ 45. Demi Allah kami bersumpah akan menjaga persatuan dan kesatuan bangsa di negara kesatuan Republik Indonesia demi masyarakat adil dan makmur dan demi Allah kami bersumpah akan menjaga NKRI dari faham komunisme, liberalisme dan sekulerisme,” tandasnya. (Andi/SGO)