Gempar! Makam Kuno Tiba-tiba Muncul ke Atas Permukaan Tanah

oleh -109 views

INDRAMAYU, (SGOnline).-

Warga Blok Langgen, Desa Kiajaran Wetan, Kecamatan Lohbener, Kabupaten Indramayu dibuat gempar. Pasalnya sebuah makam yang disinyalir sudah berusia ratusan tahun tiba-tiba muncul ke atas permukaan tanah dengan sendirinya.

Informasi yang diperoleh menyebutkan, makam berukuran besar ini ditemukan warga di sebuah kebun di kompleks tempat pemakaman umum (TPU) desa setempat, Sabtu (16/11/2019) malam. Namun pada Minggu (17/11/2019) pagi atau keesokan harinya, makam kuno itu ditengarai naik ke permukaan tanah atau meninggi secara tiba-tiba. Namun hingga kini belum diketahui secara pasti apakah makam itu berisi jasad ataukah benda-benda pusaka.

Menurut salah seorang penjaga makam, Yana mengungkapkan, sebelum makam ditemukan muncul ke atas permukaan tanah, lokasi itu hanya berupa kebun kosong yang dipenuhi rumput ilalang dan tanaman liar lainnya. Warga pun awalnya tidak ada yang menduga sama sekali jika di tempat itu akan muncul makam kuno berukuran besar.

Namun sejak makam tersebut ditemukan, lanjut dia, ratusan warga yang berkunjung ke tempat itu setiap harinya mencapai ratusan orang. Umumnya mereka merasa penasaran dengan munculnya makam kuno tersebut dengan sendirinya, tapi ada juga pengunjung yang sengaja datang untuk berziarah. Mereka yang datang bukan hanya dari wilayah Indramayu, tetapi juga dari luar Kota Mangga.

“Kini untuk melindungi makam kuno dari kehadiran masyarakat yang datang, warga setempat membuat pagar keliling dari bambu serta memasang tenda. Adapun warga yang datang ke sini ada yang sengaja untuk berziarah, ada juga yang sekadar memenuhi rasa penasaran dan ingin melihat dari dekat bentuk makam yang muncul dengan sendirinya itu,” ungkapnya.

Kemunculan makam aneh tersebut tampaknya membawa berkah tersendiri bagi warga sekitar. Sebagian dari mereka mendirikan warung-warung dadakan yang menjajakan aneka minuman dan makanan ringan. Bahkan sejumlah pemuda setempat membuka lahan-lahan parkir untuk menampung kendaraan pengunjung.

“Alhamdulillah kemunculan makam kuno ini membawa berkah untuk warga sekitar sini. Mereka bisa memanfaatkan keramaian untuk mengais rezeki. Semoga saja pengunjungnya semakin banyak,” ungkap Ato, warga setempat. (Tim SGO)