Media Partner

Gunung Merapi Erupsi Luncuran Awan Panas Sejauh 3 Km

oleh -12 views

Gunung merapi terletak diantara Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta, Gunung merapi menunjukan aktifitasnya sejak selasa (26/1/2001) hingga saat berita ini di buat terus menunjukan aktifitasnya. Eurupsi dan semburan awan panas yang terus mengarah ke hulu kali Boyong dan kali Karasak, seperti yang di sampaikan oleh Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Hanik Humaida.

Awan panas tercatat di seismogram dengan amplitudo 69 milimeter dan durasi 175 detik. Saat erupsi cuaca berkabut sehingga tinggi kolom tidak teramati, estimasi jarak luncur 2.000 meter ke arah barat daya ke hulu Kali Krasak dan Boyong,” paparnya.

Hingga saat ini BPPTKG masih menetapkan statusĀ Gunung MerapiĀ di tingkat Siaga (Level III). Potensi bahaya saat ini berupa guguran lava dan awan panas pada sektor selatan-barat daya meliputi sungai Boyong, Bedog, Krasak, Bebeng, dan Putih sejauh maksimal 5 kilometer.

Sedangkan lontaran material vulkanik bila terjadi letusan eksplosif dapat menjangkau radius 3 kilometer dari puncak Gunung Merapi. Di himbau kepada Masyarakat agar tidak melakukan kegiatan apapun di daerah potensi bahaya, dan juga tetap waspada terhadap bahaya lahar terutama saat terjadi hujan di seputar Gunung Merapi, ujarnya

READ  Kapolres Cirebon Kota dan Dir Polair Polda Jabar Hadiri Vicon Bersama Presiden