,

Hak Politik Masyarakat Harus Dikawal dengan Baik

oleh -17 views

CIREBON, (SGOnline).-

Hak masyarakat dalam berdemokrasi harus dikawal dengan sebaik mungkin dan tidak boleh disalahgunakan, sehingga mereka dapat menyalurkan aspirasi politiknya di negara demokrasi ini.

Hal tersebut ditegaskan Wakil Walikota Cirebon, Hj. Eti Herawati, usai menghadiri acara Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP) di salah satu hotel di Kota Cirebon yang diselenggarakan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) setempat, Selasa (17/11/2020).

Eti juga mengucapkan terima kasih kepada Bawaslu yang berupaya mengawal jalannya demokrasi di Kota Cirebon dengan melaksanakan SKPP. “Meskipun dalam waktu dekat ini kita tidak melaksanakan pilkada, hanya di Kabupaten Indramayu,” ungkap Eti.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kota Cirebon, Mohamad Joharudin, menjelaskan, SKPP merupakan tindak lanjut dari konsolidasi pengawasan partisipatif yang sebelumnya dilakukan. “Kegiatan ini melibatkan aktivis, mahasiswa dan berbagai komunitas lainnya. SKPP merupakan program Bawaslu Jabar. Penyelenggaraan SKPP ini dilakukan untuk menguatkan lagi kader pengawas partisipatif terkait isu pemilu,” ujarnya.

Selanjutnya, kata Joharudin lagi, kader pengawasan partisipatif tersebut akan melakukan semacam advokasi politik ke komunitas mereka masing-masing, sekaligus mengedukasi jika politik itu penting. “Pemahaman masyarakat terhadap politik sangat dibutuhkan dalam berdemokrasi,” tandas Joharudin. (Herwin/SGO)