Hasil Tes Swab Bikin Bupati Kuningan Lemas, Ada Apa?

oleh

KUNINGAN, (SGOnline).-

Kurva kasus covid-19 di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, sempat menurun minggu kemarin. Namun kini Bupati Kuningan H Acep Purnama, harus berbesar hati.

Pasalnya, dari 390 orang yang dites swab, tercatat 9 di antaranya positif corona. Hasil itu berdasarkan pengecekan Laboratorium Kesehatan Provinsi Jabar yang diterima Pemkab Kuningan, Senin (29/6/2020) malam.

“Saat ini, saya agak sedikit lemas mengumumkan hasil tes swab yang dilaporkan Dinkes,” jelas Acep Purnama saat konferensi pers, Selasa (30/6/2020).

Dijelaskannya, hasil swab tersebut berasal dari 6 kecamatan. Setiap kecamatan ada yang positif. Namun tertinggi di Kecamatan Kramatmulya sebanyak 3 orang, Lebakwangi 2 orang, dan yang lainnya Cilimus, Kuningan, Cigugur, Darma, masing-masing satu orang.

Polres siap kawal

Bupati Kuningan mengingatkan, PSBB Kuningan berakhir pada 26 Juni 2020, dan kini memasuki persiapan masa new normal. Akan tetapi, sesuai hasil swab, ia pun akan menetapkan Pembatasan Sosial Berskala Mikro (PSBM).

“Dengan ditetapkannya Pembatasan Sosial Berskala Mikro sesuai wilayah yang terpapar, maka patroli aparat keamanan akan kembali lagi ke-4 bulan lalu,” ungkapnya.

Menyikapi hal itu, Kapolres Kuningan, AKBP Lukman Syafri Dandel Malik menilai disiplin masyarakat di lapangan sudah mulai longgar. “Hal itu dikarena ada beberapa faktor, yang pertama adalah euforia Kuningan zona biru. Kedua, dengan persiapan new normal kemarin,” ujar Kapolres.

Kapolres meminta masyarakat untuk tetap mengenakan masker, jaga jarak dan kurangi kerumunan.
“Dengan PSBM kami akan pantau daerah yang dinyatakan positif. Sedangkan untuk skala makro, kami akan kawal kembali pusat keramaian, pariwisata, termasuk pembatasan jumlah pengunjung dan pembatasan waktu operasional,” tandasnya. (Ruddy/SGO)