Hj. Affiati, S.Pd: Jadikan Momen Idul Adha untuk Tingkatkan Kepedulian

oleh -187 views

CIREBON, (SGOnline).-

Perayaan Idul Adha yang jatuh pada, Jumat (31/7/2020) ini terasa berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Situasi tersebut akibat pandemi virus corona yang masih menerpa bangsa di dunia, termasuk di Kota Cirebon.

“Kita semua tentu tidak pernah menyangka akan merayakan Idul Adha tahun ini di tengah keprihatinan. Namun semangat berkurban dan berbagi dengan sesama jangan sampai luntur. Justru kita harus meningkatkan kepedulian terhadap sesama,” kata Ketua DPRD Kota Cirebon, Hj. Affiati, S.Pd., saat ditanya tentang momentum Idul Adha 1441 H.

Menurut Hj. Affiati, dalam semangat Idul Adha, terdapat ajaran Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail. Kedua utusan Allah SWT tersebut, mengajarkan keikhlasan, pengorbanan dan kesabaran, sampai kemudian Sang Khalik menggantinya dengan seekor domba yang besar dan sehat.

“Dari peristiwa tersebut, kita diajarkan untuk mengedepankan keikhlasan, kesabaran dan tentunya rela berkorban. Hal itu harus bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, sesuai dengan bidang tugas yang kita sandang saat ini,” ungkapnya.

Tingkatkan keimanan

Dalam momentum Idul Adha, papar Hj. Affiati, bukan hanya berkutat pada kemeriahan gotong royong pemotongan hewan kurban, atau mungkin makan daging bersama keluarga atau orang-orang terdekat, namun bagaimana peringatan Idul Adha ini mampu meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT.

“Karena saat ini masih pandemi covid-19, saya harap masyarakat tetap memperhatikan protokol kesehatan. Gunakan masker jika ke luar rumah, jaga jarak dan rajin cuci tangan dengan sabun. Mari kita isi Idul Adha ini dengan kegiatan positif untuk kemajuan bangsa dan negara,” ajaknya. (Ruddy/SGO)