HPPI: Pengemudi Angkutan Umum Idealnya Bersertifikat

oleh -88 views

CIREBON, (SGOnline).-

Keselamatan di jalan raya menjadi prioritas bersama. Hal itu akan terwujud jika masing-masing pengguna jalan memiliki tingkat kesadaran tinggi, sehingga rambu-rambu lalu lintas dalam dipatuhi secara utuh.

Menyikapi hal itu, Dinas Perhubungan Kabupaten Cirebon menggelar penyuluhan bagi puluhan sopir/juru mudi. Acara yang dipusatkan di Hotel Sutan Raja ini bertujuan untuk peningkatan keselamatan penumpang, Kamis (31/10/2019).

Satlantas Polres Cirebon yang menjadi salah satu narasumber mengimbau agar pengemudi selalu menjaga kondisi fisik tubuh dan fisik kendaraan layak jalan, sehingga bisa mengantar penumpang sampai tujuan dengan selamat. Kemudian, pemilik kendaraan juga diimbau agar membayar pajak kendaraan, sehingga dapat beroperasi dengan nyaman.

Sementara, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Cirebon, Abraham Muhammad mengatakan, Dishub akan terus melakukan berbagai kegiatan yang berkaitan dengan bidang perhubungan, salah satunya melalui penyuluhan para sopir agar penumpang betul-betul terjaga kenyamanan dan keselamatannya saat menaiki kendaraan umum.

“Melalui penyuluhan ini, para sopir bisa mendapatkan wawasan dan pengetahuan lebih luas lagi serta mampu menerapkan dalam aktivitas sehari-hari. Pada gilirannya bisa berkendara dengan aman dan selamat,” harapnya.

Di bagian lain, Ketua DPD Himpunan Profesi Pengemudi Indonesia (HPPI) Provinsi Jawa Barat Eddy menyatakan, semua pengemudi yang ada di Kabupaten Cirebon harus diberikan edukasi dan sertifikasi pengemudi profesional, karena mereka adalah orang yang memiliki keahlian profesi yang profesional dan harus dilindungi kesejahteraan dan gajinya,” tandasnya.

Selama ini, jelas Eddy, pengemudi hanya diberikan upah dengan sistem setoran yang berarti pendapatannya tergantung pengemudi. Untuk itu ia berharap ke depan pihak perusahaan yang memiliki jasa angkutan mengubah sistem upah setoran menjadi gaji tetap sesuai dengan daerah masing-masing, sehingga terwujudnya kenyamanan bekerja, konsentrasi dalam mengemudi dan bisa memberikan keamanan dan kenyamanan dalam mengantar penumpang sampai tujuan,” paparnya.(Mad/SGO)