IJTI Cirebon Raya Adukan 3 Media Daring ke Polisi

oleh -150 views

CIREBON, (SGOnline).-

Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Cirebon Raya, mengecam keras soal adanya ‘pencatutan’ nama yang dilakukan tiga media daring di Cirebon, Jawa Barat dalam salah satu pemberitaannya.

Ketua Umum IJTI Cirebon Raya, Faizal Nurahtman mengatakan, berita yang mencantumkan nama IJTI Cirebon Raya dan dirinya sudah menyalahi etika kerja jurnalistik. Sebab, media daring tersebut ‘mengutip’ obrolan pesan singkat pribadinya sebagai sumber berita.

Padahal, kata Faisal, obrolan dalam pesan singkat itu tidak dimaksudkan sebagai sebuah statement resmi yang dapat dijadikan sebagai konten berita. Ia menilai, apa yang dilakukan media daring itu merupakan tindakan yang tidak bertanggung jawab, serta mencoreng nama baik dirinya maupun IJTI Cirebon Raya.

“Sebagai hak narasumbernya hilang, karena dalam berita itu saya tidak pernah memberikan statement resmi. Itu hanya percakapan pribadi saya dalam whatsapp. Berita itu sudah menyalahi kerja-kerja jurnalistik. Selain itu berita tersebut sudah mencoreng nama baik IJTI Cirebon Raya,” kata Faisal, di Cirebon, Jawa Barat, Selasa (18/8/2020).