Ingin Merasakan Sensasi Berkemah di Tengah Hutan? Yuk, Kunjungi Talaga Surian

oleh -432 views


KUNINGAN, (SGOnline).-

Jika Anda ingin menikmati suasana liburan bersama keluarga yang berbeda, tidak ada salahnya bila Anda mengunjungi Bumi Perkemahan Talaga Surian. Obyek wisata yang berada di atas ketinggian 1000 mdpl dan dengan suhu rata – rata 25 derajat celsius menawarkan keindahan alam dan kesejukan udaranya.

Bagi yang belum menginjakkan kaki ke Talaga Surian, pasti akan membayangkan jika lokasi itu adalah sebuah danau atau telaga, padahal Talaga Surian merupakan obyek wisata alam yang berada di Desa Puncak, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan, Jawa barat. Jika ditempuh dari kota Kuningan sekitar 5 kilometer. Lokasinya bisa ditempuh dengan kendaraan roda dua atau roda empat.

Pengunjung tidak perlu khawatir karena akses jalan cukup bagus dan bisa ditempuh melalui jalur Palutungan ataupun jalur Sukamulya, Cileuleuy dan langsung menuju Desa puncak. Bila dihitung waktu, hanya membutuhkan sekitar 1 jam dari kota Kuningan.

Bumi perkemahan (Buper) Talaga Surian ini merupakan obyek wisata alam yang berada di zona pemanfaatan hutan Taman Nasional Gunung Ciremai, dengan hutan yang masih perawan dan didominasi pohon pinus. Ketika sampai ke lokasi Anda akan disuguhi pemandangan ke arah kota Kuningan dan hampir seluruhnya bisa dilihat dari lokasi buper. Selain itu pemandangan Waduk Darma Loka dan bahkan Laut Jawa pun bisa dilihat dengan jelas.

Untuk tiket masuk ke Talaga Surian, Anda hanya cukup merogoh kantong sebesar Rp 15.000 dan biaya parkir kendaraan Rp 3.000. Wisata alam ini pun telah dilengkapi fasilitas penunjang yang cukup nyaman, mulai dari gazebo, pos informasi, areal parkir, musala, bangku dan ayunan tempat bersantai. Tak hanya itu, area tempat untuk berswafoto dan tangga warna-warni pun ada di lokasi ini.

READ  Anggota Koramil 1513/Garawangi Gelar Gakplin di Depan Terminal Kertawangunan

Selain itu, Talaga Surian Camp Park dikelola sekelompok pemuda Tapak Sapuluh ini bukan sekadar area perkemahan biasa, karena di dalamnya juga terdapat program rekreasi dan edukasi. “Dalam program rekreasi dan edukasi itu, kami menyediakan team building dan capacity building, dengan exercise yang disesuaikan dengan kebutuhan pengunjung, baik dalam bentuk game maupun non-game,” ujar Agi Haris Nurzaman, Manager Program Talaga Surian Camp Park kepada wartawan Surya Grage Online.

Ya, ada banyak latar pemandangan yang menarik untuk dijadikan tempat berswafoto, seperti pemandangan alam, ayunan gantung, pohon, gazebo yang instagramable untuk diabadikan dalam jepretan kamera. Untuk yang senang berziarah, tak jauh dari lokasi ini terdapat makam Syekh Abdul Qohar. Pengunjung bisa berziarah ke makam tersebut. “Beliau adalah seorang penyebar agama Islam di daerah ini,” terang Agi Haris Nurzaman.

Ia mengatakan, dalam mengelola kawasan wisata, pihaknya bertekad menjaga lingkungan agar tetap alami. Untuk itu, ia mengajak para pengunjung untuk mencintai alam sekitar.

Oya, bila Anda ingin menikmati suasana perkemahan yang nyaman di tengah hutan, jangan khawatir Anda bisa menyewa fasilitas perkemahan yang lengkap di Talaga Surian Camp, yaitu cukup dengan mengeluarkan 450.000 per tenda yang dilengkapi kasur, bantal dan selimut. Namun, bagi pengunjung yang ingin menikmati fullday camp, pengelola menetapkan harga Rp 345 ribu per orang. Adapula paket lengkap seharga Rp 1,2 juta per orang. (Andin/SGO)