Ini Asal Mula Cincau Masuk ke Indonesia

oleh -69 views


健康食品延长寿命 Jiànkāng shípǐn yáncháng shòumìng. Artinya, makanan yang menyehatkan memperpanjang umur.

Siapa yang tidak kenal cincau, mungkin kita mengenal dengan nama cuwing. Ibu saya penggemar cincau, tiap hari beliau membeli cincau untuk kesehatan keluarga. Kata ibu saya untuk mengobati panas dalam.

Sejak adanya jalur perdagangan, yaitu jalur Teh Chama, Sutra dan Keramik, kalangan pedagang dari Tiongkok yang datang ke nusantara juga membawa tanaman cincao.

Cincao berasal dari dialek bahasa Hokian, yaitu Sienchau atau Xianciao. Lazim dilafalkan warga Tionghoa di Asia Tenggara seperti Singapura, Vietnam, Myanmar, Thailand dan Malaysia. Di pasar tradisional dan supermarket, kita mengenal 2 jenis cincao, yaitu cincao hitam (nama latinnya, Mesona palustris).

Tanaman cincao hitam termasuk dalam famili Labiatae, batangnya kecil dan ramping. Kemudian ada cincao hijau (Cyclea barbata miers) termasuk dalam famil Menispermaceae. Semuanya memiliki bentuk gel yang mirip agar-agar.

Cincau (Hanzi: 仙草, pinyin: xiancao) adalah minuman dingin yang isinya ada semacam agar-agar terbuat dari daun cincau. Agar-agar cincau serupa gel yang diperoleh dari perendaman daun (atau organ lain) tumbuhan tertentu dalam air. Gel terbentuk karena daun tumbuhan tersebut mengandung karbohidrat yang mampu mengikat molekul-molekul air. Cincau juga merupakan nama dari tumbuhan penghasil agar-agar xincau.

Adapun manfaat dari cincau, yaitu untuk menurunkan tekanan darah tinggi, panas dalam, batuk, pilek, dan mencegah gangguan pencernaan. Makanan yang kita konsumsi saat ini akan mempengaruhi dan berpengaruh kepada kesehatan kita di masa yang akan datang. Oleh sebab itu, konsumsi makanan yang menyehatkan itu wajib dan penting. (*)

READ  YANU Bantu Balita Gizi Buruk di Kanoman Selatan

Oleh: Jeremy Huang